20819 KALI DIBACA

KPH III Aceh Amankan Puluhan Ton Kayu Tanpa Dokumen

KPH III Aceh Amankan Puluhan Ton Kayu Tanpa Dokumen
example banner

Langsa I Realitas  – Tim KPH III Aceh/Bagian Kesatuan Pengelolaan Hutan (BKPH) Krueng Peurelak, Sabtu (5/10), berhasil mengamankan kayu sekitar 12 ton tanpa dilengkapi dokumen yang sah yang diangkut menggunakan empat Truk Colt Diesel.

Kepala KPH III Aceh, Amri Samadi, S.Hut, M.Si kepada wartawan, Selasa (8/10) membenarkan penangkapan tersebut. Ia menjelaskan, penangkapan itu berdasarkan laporan masyarakat bahwa di Gampong Blang Tualang, Kecamatan Birem Bayeun, Aceh Timur, sering terjadi ilegal loging.

Berdasarkan laporan tersebut, tim KPH III Aceh melakukan patroli dan sesampainya di gampong itu, tim melihat ada empat unit Truk Colt Diesel yang sedang parkir dengan bermuatan kayu.

Melihat hal itu, lanjut Amri, tim melakukan pemeriksaan dan saat ditanya dokumen kepemilikan kayu tersebut kepada sopir, mereka tidak bisa memperlihatkannya. Sehingga, kayu dan empat truk itu kita bawa ke Kantor KPH III Aceh di Langsa.

“Kayu yang kita amankan itu berjenis kelompok meranti dan limbah campuran (sembarang) dan saat ini sopir dan kernet keempat mobil itu sedang kita lakukan pemeriksaan di kantor, guna pengusutan lebih lanjut,” ujarnya.

Lanjut Amri, selain kayu dan sopir, empat truk pengangkut kayu itu dengan nomor polisi masing-masing BL 8544 FD, BL 8566 F, BL 8768 F, BL 8657 F, masih kita amankan. Saat ini, pihaknya sedang melakukan penyelidikan terkait asal usul kayu itu apakah dari kawasan hutan atau luar kawasan hutan.

“Kita ingin dipastikan apakah kayu itu dari kawasan hutan atau luar kawasan hutan, jika dalam kawasan maka akan proses hukum, tapi jika di luar kawasan maka dikenakan sangsi administrasi, dengan membayar denda dan dilakukan pembinaan,” tutup Amri.(PNG/Red)

example banner

Subscribe

MEDIA REALITAS