13819 KALI DIBACA

Hubungan Erat Manchester United Dan Community Shield

Hubungan Erat Manchester United Dan Community Shield
example banner

Jakarta I Realitas – Community Shield 2019 akan mempertemukan Liverpool dengan Manchester City. Tidak ada nama Manchester United yang memiliki kaitan erat dengan sejarah perjalanan ajang tahunan di Inggris tersebut.

 

MU merupakan klub yang paling sering berlaga di Community Shield. The Red Devils tercatat sudah 30 kali tampil. Dengan rekam jejak tersebut MU pun menjadi klub paling sukses dengan 21 gelar yang empat diantaranya merupakan juara bersama.

 

Gelar juara pertama MU diraih pada penyelenggaraan perdana Community Shield pada 27 April 1908 yang masih bernama Charity Shield.

Kala itu, MU bermain imbang lawan Queens Park Rangers dengan skor 1-1 pada pertemuan perdana dan kemudian menang 4-0 pada laga kedua.

 

Selain menjadi juara pada edisi perdana Community Shield, skuat Manchester Merah juga merupakan kesebelasan yang meraih kemenangan terbesar. Ketika menghadapi Swindon Town pada 1911, MU yang dilatih Ernest Mangnall mencetak delapan gol dan kebobolan empat gol.

 

Sebelum Community Shield secara rutin digelar di Stadion Wembley setiap tahun, Stadion Old Trafford yang merupakan kandang MU sempat menghelat ajang pembuka Liga Primer Inggris itu sebanyak enam kali pada 1922, 1928, 1952, 1957, 1965, dan 1967.

Eric Cantona yang tercatat sebagai pemain dengan jumlah gol terbanyak di Community Shield dengan lima gol juga tercatat pernah membela MU setelah berkostum Leeds United.

Ketika masih berkostum Leeds, Cantona mencetak hattrick di ajang Community Shield pada awal musim 1992/1993. Namun ketika musim berjalan, pemain dengan julukan The King itu beralih membela MU.

Meski berstatus sebagai pencetak gol terbanyak, Cantona bukan pemain MU yang paling sukses di Community Shield. Predikat pemain tersukses melekat ke Ryan Giggs yang tercatat sembilan kali membawa MU menang di ajang tersebut atau unggul enam gelar dari Cantona.

 

Tahun ini, MU sudah tiga kali berturut-turut absen dari Community Shield lantaran gagal meraih juara di Liga Primer Inggris maupun Piala FA. Kali terakhir MU tampil di ajang tersebut adalah pada 2016 yang berakhir dengan kemenangan 2-1 atas Leicester City. (Cino/Red/Irfan)

example banner

Subscribe

MEDIA REALITAS