20019 KALI DIBACA

Tanggapan Salah Seorang Dokter Terkait aplikasi Mobile JKN

Tanggapan Salah Seorang Dokter Terkait aplikasi Mobile JKN
example banner

Aceh Timur I Realitas – dr Fatahillah, salah seorang dokter yang bertugas di Puskesmas Simpang Ulim, Kabupaten Aceh Timur turut memberi tanggapan terkait mobile JKN.

“Saya sudah bertugas di Puskesmas Simpang Ulim ini sejak Agustus 2015, kurang lebih 4 tahun kurang 1 bulan. Di sini pasiennya banyak, karena Puskesmas ini yang bisa memberikan pelayanan rawat inap, dari kecamatan Madat, Pante Bidari, Matang Pudeng, dan Simpang Ulim,” tutur Fatahillah, Rabu (24/7).

Dirinya juga menambahkan bahwa jarak yang harus di tempuh ke rumah sakit membutuhkan sekitar 45 menit, sehingga masyarakat lebih memilih dirawat inapkan di Puskesmas Simpang Ulim untuk kasus rawat inap yang belum membutuhkan perawatan lanjutan di rumah sakit.

Fatahillah juga mengungkapkan perjalanan dirinya dalam melayani peserta JKN-KIS yang dikelola oleh BPJS Kesehatannya mulai dari awal dirinya bertugas yang masih menggunakan berkas atau manual sampai dengan saat ini yang sudah online seperti aplikasi Mobile JKN dan sistem rujukan online.

Menurutnya, Mobile JKN ini sangat membantu buat kami selaku medis ataupun buat peserta sendiri, karena berdasarkan pengalaman saya, masyarakat sangat mudah berobat dengan adanya Program JKN-KIS, tetapi masyarakat terkadang lupa membawa kartu saat berobat. Adanya aplikasi ini sangat membantu sehingga pasien tidak perlu pulang lagi hanya untuk mengambil kartu.

Selain itu, lanjut ia, sekarang juga sudah tersedia sistem rujukan online dari Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) ke rumah sakit sehingga memudahkan untuk mengetahui jadwal dokter spesialis di rumah sakit yang akan dirujuk. Dengan demikian, saat pasien ke rumah sakit dapat langsung bertemu dengan dokternya. Fatahillah pun berharap agar masyarakat mau membuka diri terhadap informasi-informasi terkini, khususnya terkait dengan Program JKN-KIS. (PNG)

example banner

Subscribe

MEDIA REALITAS