13819 KALI DIBACA

Sering Mengancam Keselamatan, Jalan Pantai Bali Abdya Minta di Aspal

Sering Mengancam Keselamatan, Jalan Pantai Bali Abdya Minta di Aspal
example banner

Blang pidie I Realitas – Jalan dengan panjang lebih kurang satu kilometer lebih di Lokasi Objek Wisata Pantai Bali kawasan Desa Ladang, Kecamatan Susoh, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) mengancam keselamatan para pengendara yang sedang melintas. Pasalnya, jalan tersebut sudah lama rusak parah pasca diterjang pasang dan arus banjir luapan muara.

Mawardi (54) salah satu pengguna jalan yang sedang melintas di kawasan tersebut, Senin (29/7) mengaku, sudah lama melihat jalan itu rusak hingga belasan tahun yang lalu. Badan jalan penuh lubang dan juga kerikir tajam.

Ada beberapa kejadian kecalakaan di jalan ini. Salah satunya terjadi beberapa hari yang lalu. Satu keluarga yang sedang mengendarai roda dua hendak menuju lokasi Pantai Bali tersungkur ketanah gara-gara terpeleset dengan bebatuan kerikir yang ada di atas badan jalan.

Bahkan kejadian serupa juga menimpa pengendara lainnya yang sedang melintasi jalan ini. Warga yang tidak diketahui identitasnya itu harus menerima luka robek dibagian dahi dan tangan, akibat terkena tonjolan aspal lama yang sudah mengelupas.

“Kami bermohon kepada pemerintah untuk segera menanggulangi jalan ini. Apalagi banyak warga yang melintas dengan resiko keamanan yang sewaktu-waktu bisa mengancam keselamatan,” tuturnya.

Mawardi menjelaskan kalau jalan dengan panjang satu kilo lebih itu sudah selayaknya di aspal. Karena bukan hanya warga setempat yang melintas, tetapi ada ribuan warga yang pada hari-hari tertentu memadati lokasi ini.

“Pantai Bali salah satu objek wisata yang memikat daya tarik warga untuk berkunjung. Maka dari itu perlu dipertahankan keindahannya, terutama akses jalan yang bagus,” demikian singkatnya.

Sementara itu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Abdya melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) setempat telah menganggarkan Rp.3 miliar untuk pengaspalan jalan itu pada tahun 2020 mendatang.

Kepala Dinas PUPR Abdya, Ir Moch Tavip MM, mengatakan, kalau tidak ada kendala, jalan itu akan di aspal pada tahun 2020 dengan total anggaran Rp.3 miliar sepanjang lebih kurang 1,2 kilometer. Selain memperlancar transportasi masyarakat desa, juga dapat menarik para wisatawan luar maupun lokal untuk singgah ke lokasi objek wisata Pantai Bali.

Katanya, jalan itu memang sudah beberapa kali masuk dalam daftar usulan, akan tetapi belum menjadi skala pioritas. Dengan melihat kondisi bertambahnya rumah penduduk dan minat para wisatawan ke Pantai Bali, maka sudah selayaknya untuk dipioritaskan.

“Kita berharap usulan itu dapat menjadi pioritas dalam tahun 2020 nanti. Apalagi jalan itu sudah lama rusak dan sangat parah,” ungkap Tavip (Syahrizal)

example banner

Subscribe

MEDIA REALITAS