21219 KALI DIBACA

Mantan Direktur PDPB Dituntun 7,5 Tahun

Mantan Direktur PDPB Dituntun 7,5 Tahun
example banner

MEULABOH I Realitas – Jaksa Penuntut Umum (JPU) dari Kejaksaan Negeri (Kejari) Aceh Barat menuntut eks atau mantan direktur utama (Dirut) Perusahaan Daerah Pakat Beusare (PDPB), Sofyan Sury (66), dan mantan direktur adminisrasi, Rahmad Ansari (48), masing-masing 7 tahun 6 bulan penjara (7,5 tahun) dalam kasus korupsi penyertaan modal APBK Aceh Barat di perusahaan itu. Selain pidana penjara, keduanya dibebankan denda masing-masing Rp 200 juta dalam sidang agenda pembacaan tuntutan di Pengadilan Negeri (PN) Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Banda Aceh, Senin (1/7) sore.

Informasi yang diperoleh Serambi, sore kemarin, sidang dimulai pukul 17.00 WIB, dan dipimpin Ketua Majelis Hakim Juandra SH didampingi dua hakim anggota. Turut hadir JPU, Fakhrol Rozi SH serta kedua terdakwa, Sofyan Suri dan Rahmad yang duduk di kursi persakitan dengan didampingi penasehat hukum (PH).

JPU dalam tuntutannya menyatakan bahwa, terdakwa I (Sofyan Sury) dan terdakwa II (Rahmat Ansari), telah terbukti bersalah melakukan tindak pidana korupsi sebagaimana disebut dalam Pasal 2 ayat 1 Jo Pasal 18 UU Nomor 31/1999 jo Pasal 55 ayat 1 dalam dakwaan primair. “Menuntut terdakwa I Sofyan Sury dan terdakwa II Rahmat Ashari, dengan pidana penjara masing-masing selama 7 tahun dan 6 bulan. Pidana denda Rp 200 juta subsidair 6 bulan kurungan,” ujar JPU, Fakhrol Rozi.

Kedua terdakwa, ujar JPU dalam tuntutannya, juga diharuskan membayar uang pengganti sebesar Rp 1.450.389.350. Namun apa bila tidak mampu maka subsidair pidana penjara 3 tahun. Sedangkan dari potensi kerugian negara sebesar Rp 1.747.389.350 itu, yang berhasil diselamatkan hanya Rp 297.000.000. “Memerintahkan terdakwa tetap ditahan dan dipotong masa kurungan terdakwa menjalani penahanan,” ucap JPU.

Sementara itu, kedua terdakwa dalam sidang di PN Tipikor Banda Aceh melalui penasehat hukum menyatakan bahwa, pembelaan (pledoi) akan dijawab tertulis. Hakim pun kemudian kembali menunda sidang ke Senin (8/7) pekan depan. Setelah persidangan ditutup, kedua terdakwa yakni, Sofyan Sury dan Rahmad Ansari, kembali dibawa ke Lembaga Pemasyarakatan (LP) Banda Aceh tempat selama ini mereka ditahan.

Seperti diberitakan, Polres Aceh Barat menahan Sofyan Suri (66), mantan direktur utama (dirut) dan Rahmad (45), mantan direktur administrasi Perusahaan Daerah (PD) Pakat Beusare dalam kasus dugaan korupsi penyertaan modal dari APBK Aceh Barat. Keduanya ditangkap pada 12 Juni 2018, setelah polisi menerima hasil audit temuan kerugian negara dalam kasus itu mencapai Rp 1,7 miliar.

Kasus tersebut mulai diusut polisi pada tahun 2017. Dana di PD Pakat Beusare itu bersumber dari APBK Aceh Barat tahun 2006 yang awalnya Rp 2,5 miliar. Dari hasil penyelidikan ditemukan kerugian negara Rp 1,7 miliar berdasarkan hasil audit Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Perwakilan Aceh.(riz/Nrl)

 

 

example banner

Subscribe

MEDIA REALITAS