24419 KALI DIBACA

KPU Binjai Ajukan Anggaran Rp17 Miliar untuk Pilkada Serentak 2020

KPU Binjai Ajukan Anggaran Rp17 Miliar untuk Pilkada Serentak 2020
example banner

BINJAI– Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Binjai, Sumatera Utara (Sumut), telah mengajukan anggaran sebesar Rp17 miliar untuk pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Binjai 2020 mendatang. Jumlah ini meningkat sebesar Rp2 miliar dibandingkan pada 2015 lalu yang menelan biaya Rp15 miliar.

Komisioner KPU Binjai Robby Effendi Hutagalung mengatakan, draf rancangan anggaran tersebut sudah diserahkan kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Binjai untuk dialokasikan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD). Draf itu nantinya masih mendapat perbaikan-perbaikan sebelum disahkan.

“Draf anggaran tersebut tentu masih ada kemungkinan perbaikan dari Pemkot Binjai. Namun, dari kami sudah mengusulkan besarnya Rp17 miliar,” kata Robby yang membidangi Divisi Partisipasi Masyarakat dan SDM, Selasa (9/7/2019).

Menurut Robby, usulan kenaikan anggaran pilkada sebesar Rp2 miliar dari Pilkada Kota Binjai pada 2015 lalu dinilai tidak signifikan. Pasalnya, dari perkiraan sementara, perbedaan harga-harga kebutuhan untuk pelaksanaan pesta demokrasi itu juga tidak jauh berbeda dalam kurun waktu tersebut.

“Lagi pula kami di sini kan hanya ada lima kecamatan. Dari anggaran yang kami ajukan itu, nanti juga yang paling besar tetap untuk honor penyelenggara pilkada di tingkat PPK (panitia pemilihan kecamatan) dan panitia pemungutan suara (PPS),” ujarnya.

Robby juga menjelaskan, perencanaan anggaran tersebut mereka susun dengan mengacu pada Surat Keputusan (SK) KPU RI Nomor 80 dan SK KPU Nomor 81 Tahun 2017 tentang petunjuk teknis penyusunan anggaran dalam rangka kebutuhan barang/jasa dan honorarium pelaksanaan pemilihan gubernur dan wakil gubernur, bupati dan wakil bupati, dan atau wali kota dan wakil wali kota.

“Kami tidak memecah anggaran, apakah sebagian dimasukkan dalam APBD Perubahan 2019 dan di APBD 2020. Kami satukan saja. Tinggal nanti Pemkot Binjai yang menentukan apakah jumlah tersebut akan dimasukkan dalam dua item penganggaran itu atau bagaimana,” ujar Robby.(ines)

example banner

Subscribe

MEDIA REALITAS