19219 KALI DIBACA

IKAT Aceh Meminta Kepada DPRA Bersama Tim Tak Terus Berpolemik Soal Bab Poligami

IKAT Aceh Meminta Kepada DPRA Bersama Tim Tak Terus Berpolemik Soal Bab Poligami
example banner

BANDA ACEH I Realitas – Ikatan Alumni Timur Tengah (IKAT) Aceh meminta kepada Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA) bersama tim yang sedang menyusun rancangan qanun keluarga supaya fokus pada materi yang lebih bermanfaat dalam membangun keluarga bahagia di Aceh.

Hal itu disampaikan Ketua IKAT Aceh H Fadhil Rahmi Lc dalam pesan tertulisnya kepada Serambinews.com, Rabu (10/7/2019).

Ia meminta agar DPRA dan tim penyusun tidak memperpanjang lagi terkait sub pembahasan kecil dari qanun tersebut, yaitu tentang poligami.

“Agar qanun keluarga ini cepat tuntas, tim harus fokus ke bab lainnya yang mengatur tentang keluarga, sudah bisa tinggalkan poin poligami, kalau memang tidak ada sesuatu yang baru dalam hal poligami, kembali saja ke Undang-undang Nomor 1 tahun 1974 dan juga KHI,” ujar Fadhil Rahmi.

Bahkan menurut Fadhil, pembahasan tentang poligami sudah bisa ditutup dan menjadi evaluasi tim penyusun.

Menurutnya hal tersebut viral akibat kesalahan penggunaan kata yang disampaikan anggota DPRA bahwa Aceh akan legalkan poligami.

“Selama ini poligami juga legal di Aceh, asalkan memenuhi persyaratan dan diputuskan oleh Mahkamah syar’iyah, semua sudah diatur dalam undang undang dan KHI, anggap saja bab poligami ini masih menggunakan UU tersebut dan relevan,” lanjut Fadhil.

Oleh karena itu Fadhil meminta masyarakat tidak larut untuk mempermasalahkan hal yang sebenarnya tidak bermasalah.

“Itu lagu lama yang diputar kembali,” ujarnya.

Selain itu, lanjut Fadhil, Pemerintah Aceh perlu mendukung upaya Kemenag dalam sosialisasi pencegahan nikah siri dan juga pembinaan bagi calon pengantin.

“Bekal ilmu pengetahuan bagi calon pasangan itu sangat penting, sepatutnya pemerintah daerah mendukung program ini yang selama ini dilaksanakan oleh KUA, perlu dukungan untuk generasi kita,” tutup Fadhil.(*/tribun/Nrl)

 

example banner

Subscribe

MEDIA REALITAS