18619 KALI DIBACA

GERTAK : Geuchik ke Depan akan Khawatir Melahirkan Innovasi

GERTAK : Geuchik ke Depan akan Khawatir Melahirkan Innovasi
example banner

Aceh Utara I Realitas – Lembaga Gerakan Transparansi dan Keadilan (GERTAK) mendesak forum geuchik di Aceh Utara untuk melakukan langkah-langkah keadilan terhadap Geuchik Gampong Meunasah Rayeuk, Kecamatan Nisam, yang telah ditahan oleh Polda Aceh terkait kasus benih padi merk IF8.

“Harus ada pembelaan dari forum geuchik, karena kejadian seperti ini akan membuat para geuchik di Aceh Utara nantinya takut untuk melahirkan innovasi-innovasi yang produktif ke depan. Ini sangat berbahaya dan harus ditanggapi oleh para geuchik di Aceh,” tegas Ketua GERTAK, Muslem Hamidi kepada Wartawan, Kamis (25/7).

Ia mengatakan, Tgk Munirwan sangat bersemangat melahirkan produk benih padi benih IF8 tersebut, karena dalam Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 18 tahun 2019 disebutkan tentang prioritas penggunaan dana desa di Aceh Utara.

“Pada lampirannya, bidang pemberdayaan masyarakat gampong nomor tiga, pengelolaan usaha ekonomi produktif serta pengelolaan sarana dan prasarana ekonomi yaitu untuk pengelolaan produksi usaha pertanian yang difokuskan kepada pembentukan dan pengembangan produk unggulan gampong atau produk unggulan kawasan gampong,” sebut Muslem.

Pada poin pertama, sambungnya lagi, disebutkan pembibitan tanaman padi bibit padi IF8 Prukades Gampong Meunasah Rayeuk, Kecamatan Nisam, Aceh Utara bagi gampong yang memiliki lahan persawahan.

“Ini sangat jelas semangat Tgk Munirwan dalam mengembangkan benih padi IF8 tersebut. Bibit padi ini merupakan bibit padi unggul yang telah terbukti kualitasnya. Yang menjadi pertanyaan, kenapa sudah mendapatkan dukungan dari pemerintah, justru dilaporkan ke Polisi. Semestinya dibina,” jelasnya.

Mantan ketua BEM Unimal ini meminta Bupati Aceh Utara Muhammad Thaib bertanggungjawab atas kasus tersebut. Apalagi pada Qanun Aceh Utara Nomor 4 tahun 2009 Tentang Pemerintahan Gampong dan pada pasal 25 ayat (1) disebutkan tindakan penyidikan terhadap Geuchik dilaksanakan setelah adanya persetujuan tertulis dari bupati.(PNG)

example banner

Subscribe

MEDIA REALITAS