23219 KALI DIBACA

Dua Bupati satu Wali Kota Dari Aceh Malam Ini Terima Penghargaan MKK

Dua Bupati satu Wali Kota Dari Aceh Malam Ini Terima Penghargaan MKK
example banner

BANJARBARU I Realitas – Tiga kepala daerah dari Aceh yang terdiri atas seorang wali kota dan dua bupati, Jumat (5/7) malam ini, menerima penghargaan Manggala Karya Kencana (MKK) Bidang Kependudukan Keluarga Berencana (KB) dan Pembangunan Keluarga dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN). Pemberian penghargaan itu akan berlangsung di lokasi peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) Ke-26 Tingkat Nasional Tahun 2019 yaitu Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Ketiga kepala daerah itu masing-masing Wali Kota Langsa, Usman Abdullah, Bupati Aceh Barat, Ramli MS, dan Bupati Nagan Raya, M Jamin Idham. Untuk diketahui, MKK merupakan penghargaan tertinggi yang diberikan Pemerintah Pusat melalui BKKBN kepada kepala daerah yang dinilai mempunyai dedikasi tinggi terhadap program pengendalian penduduk. Ketiga kepala daerah di Aceh itu dinilai sebagai bupati/wali kota yang berdedikasi tinggi atau sangat peduli dan berperan dalam pelaksanaan Program Kependudukan dan Keluarga Berencana dalam Pembangunan Keluarga Sejahtera (KKBPK) di daerah masing-masing.

Kepala Perwakilan BKKBN Aceh, Drs Sahidal Kastri MPd, di Banjarmasin, Kamis (4/7), mengatakan, penghargaan itu diserahkan Kepala BKKBN RI dan langsung diterima oleh Wali Kota Langsa serta Bupati Aceh Barat dan Nagan Raya. “Ketiga kepala daerah dari Aceh ini tiba di Banjarmasin, hari ini (kemarin-red). Selain hadir untuk menerima penghargaan MKK, ketiga bupati/wali kota itu juga akan ikut bersama-sama Plt Gubernur Aceh, Ir Nova Iriansyah MT, untuk mengikuti peringatan Harganaske-26 yang rencananya akan dihadiri Presiden Joko Widodo (Jokowi),” jelasnya Sahidal.

Ia berharap, ke depan bupati/wali kota di 23 kabupaten/kota di Aceh termotivasi untuk menjalankan program KKBPK di daerah masing-masing. BKKBN, tambah Sahidal, punya keyakinan bahwa program KKBPK akan mempercepat pencapaian kesejahteraan masyarakat dan mewujudkan Aceh Hebat.

“Dengan penghargaan MKK yang diraih, kita berharap dapat mendorong terbentuknya OPD khusus KB dan Pembangunan Keluarga di daerah, seperti amanah Undang-Undang 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah ,” tutup Sahidal. Untuk diketahui, beberapa tahun lalu, Bupati Aceh Tengah dan Wali Kota Banda Aceh pada peringatan Harganas tingkat nasional menerima penganugerahan Satyalencana Pembangunan (SP) dari Presiden RI, Jokowi.(jal/Nrl)

 

 

example banner

Subscribe

MEDIA REALITAS