49819 KALI DIBACA

Pro Kontra Pelepasan Lahan Buket Rata Kecamatan LangsaTimur Berakhir

Pro Kontra Pelepasan Lahan Buket Rata Kecamatan LangsaTimur Berakhir
example banner

Langsa,Realitas- Pro dan Kontra yang timbul di sejumlah elemen warga masyarakat Desa Buket Rata Kecamatan Langsa Timur,Kota Langsa. Terhadap wancana pembebasan lahan seluas 50 haktar. Usulan dari Mahyuddin , selaku orang nomor 1 di Desa (Gampong) setempat. Yang merupakan lahan HGU (Hak Guna Usaha) milik perusahaan Perkebunan PTP – Nusantra I Langsa,”berakhir” sudah.

Setelah dilakukanya, musyawarah Gampong,Minggu malam (22/6/2019) yang dihadiri oleh perangkat Gampong dan warga masyarakat beserta Unsur Mupika setempat.

Musyawarah yang dipimpin langsung oleh Kepala Gampong Buket Rata,Mahyuddin,berjalan alot. Bahkan ada sebahagian warga,kata Mahyuddin,yang mencoba mengalihkan agenda rapat yang dalam undangan.Kita telah memaparkan,kalau kita akan rapat dan membahas masalah pelepasan lahan HGU milik PTP-Nusantara I Langsa.


Dengan mengajukan berbagai pertanyaan,mengenai pengelolaan dana Gampong,Dana Masjid. Bahkan ada warga yang saat itu, mempertanyakan mengenai status aset tanah Buket Rata,seluas 1 hektar lebih. Di beli diera tahun 80 han. Yang keberadaanya di sebut-sebut telah diperjual belikan kepada warga Gampong Buket Rata, namun warga masyarakat selaku pihak pembeli. Tidak memiliki surat sertifikat yang sah.

Namun setelah hadirnya, Ketua KNPI,Mukhtar AMD, ditengah-tengah musyawarah yang hampir memanas tersebut. Suasana rapat drastis berubah, setelah Mahyuddin memberikan kesempatan kepada, Mukhtar AMD, untuk memaparkan sejauhmana proses pelepasan kawasan Desa Buket Rata yang sepenuh bersda di dalam kawasan HGU PTP-Nusantara I Langsa.

Kasus pelepasan lahan Gampong Buket Rata,Kecamatan Langsa Timur,Kota Langsa. Saat ini tinggal menunggu perlengkapan berkas. Seperti surat dukungan dari Plt Gubernur Propinsi Aceh. Ketua DPRA Tingkat I Banda Aceh. Ketua DPD KNPI Tingkat Banda Aceh. Walikota Langsa dan DPRK Kota Langsa.
Yang kemudian kita akan berangkat menuju Jakarta, untuk menjumpai Menteri BUMN. “Allhamdulillah,kita juga telah menerima berbagai dukungan terhadap proses pelepasan lahan Buket Rata ini.Seperti dari Komisi VI DPRRI”, timpal Mukhtar.

Pada kesempatan itu,Mukhtar juga menegaskan. Agar warga masyarakat Buket Rata, yang masih aktif bertugas diperkebunan PTP-Nusantara I Langsa. Untuk tidak perlu takut dalam memberikan dukungan sepenuhnya kepada pihak Pemerintahan Gampong. Dalam mengajukan proses pelepasan lahan HGU milik PTP. Nusantara I Langsa.

Kami berharap, apabila ada warga masyarakat Buket Rata, yang merasa terintimidasi ataupun di pindah tugaskan kedaerah lain. Akibat efek dari memberikan dukunganya kepada upaya pelepasan lahan yang sedang kita upayakan bersama-sama ini. “Tolong catat dan kenali oknumnya serta segera laporkan kepada kami selaku KNPI Kota Langsa. Untuk kita memproses terhadap aksi yang diakukannya oknum PTP – Nusantara”, demikian dikatKsn Mukhtar. (effendi MUSA)

example banner

Subscribe

MEDIA REALITAS