29619 KALI DIBACA

Miliki Ganja, Tiga Warga Abdya dibekuk Polisi

Miliki Ganja, Tiga Warga Abdya dibekuk Polisi
example banner

Blangpidie, Realitas -Satuan Reserse Narkoba Polres Aceh Barat Daya (Abdya) berhasil mengamankan tiga pelaku penyalahgunaan narkoba jenis ganja di dua lokasi yang berbeda pada Selasa (18/6) malam antara pukul 22.15 WIB sampai dengan 23.30 WIB.

Kapolres Abdya AKBP Moh Basori SIK, Kamis (20/6) malam sekira pukul 19.30 WIB menjelaskan, di Desa Palak Hulu, Kecamatan Susoh, Kabupaten Abdya, personel Satres Narkoba menangkap dua pelaku masing-masing berinisial Bg (35) warga Desa Palak Kerambil dan SB (40) warga Dusun Tenggiri, Desa Palak Hulu, Kecamatan Susoh sekira pukul 22.15 WIB. Dari tangan mereka, petuga berhasil mengamankan daun ganja kering seberat 0,71 gram.

Berikutnya Satres Narkoba melakukan pengembangan hingga menemukan pelaku berikutnya berinisial ZI (58) warga Desa Cot Manee, Kecamatan Jeumpa sekira pukul 23.30 WIB. Dari kediaman pelaku, petugas berhasil mendapatkan 27,75 gram ganja kering yang dibalut dalam kertas tersimpan dalam jaket milik pelaku.

“Setelah kita lakukan tes urine, ketiganya positif menggunakan narkoba. Untuk saat ini, pelaku dan barang bukti sudah kita amankan untuk proses penyelidikan lebih lanjut,” kata Kapolres Basori dalam rilis tersebut.

Berdasarkan informasi, lanjut Kapolres Basori, terdapat beberapa warga sering menggunakan narkoba dilokasi penangkapan tersebut. Proses pengintaian untuk membuktikan keakuratan informasi, Satres Narkoba  langsung menyisir diseputaran tempat kejadian perkara (TKP).

“Berbekal infromasi tersebut, tidak lama berselang pemilik ganja yang membuat masyarakat jadi resah berhasil kita tangkap termasuk barang buktinya,” lanjut Kapolres.

Ketika di interogasi, dua pelaku sempat tidak mau mengaku sering menggunakan narkoba. Setelah di cek urine baru keduanya mau mengaku dan menyebutkan kalau barang haram tersebut didapat dari ZI.

Alhasil, ZI tidak bisa melawan dari tangkapan petugas Sat Res Narkoba. Tanpa melakukan perlawanan, ZI pasrah dan lansung mengakui perbuatannya. “Sayang sekali, diusia yang tidak lagi muda mereka berani menggunakan narkoba,” ujar Kapolres Basori.

“Sesuai dengan prosedur hukum yang berlaku, sejumlah pelaku itu akan dituntut dengan pasal 111 dan 114 ayat (1) Undang-Undang Nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika. Ancamannya 4 sampai 12 tahun penjara, ditambah denda Rp.800 juta,” demikian sambung Kapolres. (Syahrizal)

example banner

Subscribe

MEDIA REALITAS