16819 KALI DIBACA

Kepergok Pelesiran, Pengawal Setya Novanto Terancam Dipecat

Kepergok Pelesiran, Pengawal Setya Novanto Terancam Dipecat
example banner

Bandung – Kementerian Hukum dan HAM masih melakukan pemeriksaan terhadap pengawal yang bertugas mendampingi Setya Novanto saat dikabarkan pelesiran ke toko bangunan mewah di Kota Baru Parahyangan, Padalarang, Kabupaten Bandung Barat. Sanksi berat berupa pemecatan bisa didapat pengawal bila terbukti bersalah.

“Kita ada aturan main. Pasti (akan di sanksi),” ucap Kepala Kantor Wilayah Kemenkum HAM Jabar Liberti Sitinjak di Bandung, Sabtu (15/6/2019).

Liberti mengatakan usai beredarnya foto Novanto pelesiran, pihaknya telah memeriksa satu orang pengawal sejak semalam. Meski hasil pemeriksaan belum dapat diketahui, namun pihaknya mengindikasi ada faktor kelalaian hingga akhirnya koruptor proyek e-KTP itu pelesiran.

“Kita lihat nanti karena BAP belum selesai, kita belum bisa menerangkan kesalahan petugas. Tapi yang jelas indikasi kesalahan itu minimal kelalaian pasti ada,” kata dia.

Terkait sanksi yang nantinya diberikan kepada petugas, pihaknya akan menunggu hasil pemeriksaan. Namun sanksi berat bisa diberikan apabila hasil pemeriksaan menunjukkan adanya pelanggaran berat.

“Hukuman paling ringan pernyataan tidak puas. Kalau yang tertinggi pemberhentian tidak dengan hormat. Tapi kita belum bisa pastikan, BAP belum selesai,” katanya.

Sebelumnya Novanto kepergok pelesiran ke toko bangunan yang berada di Padalarang. Dalam foto yang beredar Novanto tampak mengenakan kemeja lengan pendek, memakai topi hitam dan wajahnya ditutup masker.

Dalam foto itu Novanto tampak berbincang dengan seorang wanita berjilbab yang tengah menenteng tas berwarna merah. Atas insiden ini, Novanto dipindahkan ke Lapas Gunung Sindur. (deco)

example banner

Subscribe

MEDIA REALITAS