36619 KALI DIBACA

Pelaut Kuala Tari Jemeurang Pasi Lhok Kendala Es Balok Dan Minyak Solar

Pelaut Kuala Tari Jemeurang Pasi Lhok Kendala Es Balok Dan Minyak Solar
example banner

Pidie | Realitas – Pelabuhan Kuala Tari Jemeurang Pasi lhok dibanjiri dengan ikan tongkol ame-ame dan jungon, selama bulan puasa suci Ramadhan berbagai ikan banjir di TPI Kuala Tari Jemeurang Pasie Lhok, Minggu (26/05/2019).

M. Isa salah seorang toke ikan asal Kuala Tari Pasi Lhok saat ditemui wartawan Realitas di TPI mengatakan, jadi pasaran ikan selama ini harganya sangat murah sekali, es balok dan minyak solar sangat susah kita cari, lanjutnya.

Toke bangku itu meneruskan, jadi pasaran ikan selama ini satu piber satu juta disini kita jual dan biasanya kami jual sampai tiga juta satu piber, biasanya sering dapat ikan jungon dan tongkol ame-ame, jadi kami untuk es balok sehari hari empat mobil Cold kami butuhkan dan agak terhambat dikit untuk mendapatkanya, jelasnya.

Isa lebih jelas, jadi kendalanya selama ini termasuk es balok, misalnya kami minta es nya hari ini besok baru di kasih, gak langsung dapat, itu merupakan satu kendala juga bagi kami pelaut kami yang ada dikuala tari pasi lhok Jemeurang, tegasnya.

Jadi bot muatan besar semuanya ada lima belas bot semuanya dipasi Jemeurang ini, jadi semuanya berjalan dengan baik untuk mencari ikan di laut, satu bot itu membutuhkan es balok 70 batang dan ada juga sampai 80 batang kalau di hitung dengan ton, satu bot menbutuhkan es tiga ton beratnya dan itu khusus untuk satu bot menbutuhkan es segitu banyak, ujar.

Mantan pelaut itu, jadi kami semuanya menbutuhkan es balok itu semuanya bot yang ada disini, kalau kita hitung semuanya 45 ton dalam 15 bot itu membutuhkan es dalam setiap berangkat kelaut untuk mencari ikan, katanya.

Jadi harapan toke bot yang ada di Kuala Tari es balok supaya lancar dan minyak solarnya juga harus lancar.

Jadi kami beli minyak di galong tidak di kasih dan mempersulitkan.

Jadi alasanya mintak surat inilah, itulah, jadi kami kalau bawa surat ke galong minyak juga tidak kasih juga, karena surat kami tidak ada harganya, imbuhnya.(Zoni Jamil)

example banner

Subscribe

MEDIA REALITAS