28619 KALI DIBACA

Pemkab Abdya Mulai Rancang Rencana Kerja Tahun 2020

Pemkab Abdya Mulai Rancang Rencana Kerja Tahun 2020
Foto: Realitas/Syahrizal Wakil Bupati Abdya Muslizar MT memberikan arahan dalam acara konsultasi publik tentang Rancangan awal RKPK tahun 2020 di Aula Bappeda setempat, Kamis (31/1/2019)
example banner

Blangpidie | Realitas – Pemerintah Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), Kamis (31/1/2019) mulai melakukan pembahasan dan konsultasi publik untuk menatap Rencana Kerja Pemerintah Kabupaten (RKPK) berikutnya pada tahun 2020 mendatang.

Wakil Bupati Abdya, Muslizar MT dalam kegiatan yang berlangsung di aula Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Abdya mengatakan, kegiatan tersebut bertujuan untuk mendapatkan masukan dari semua pemangku kepentingan sebagai bahan penyempurnaan rancangan awal RKPK pada tahun 2020 nanti.

Hal ini sesuai dengan amanah Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) nomor 86 tahun 2017 tentang tata cara perencanaan, pengendalian dan evaluasi pembangunan daerah, tata cara evaluasi rancangan peraturan daerah tentang rencana pembangunan jangka panjang daerah dan rencana pembangunan jangka menengah daerah, serta tata cara perubahan rencana pembangunan jangka panjang daerah, rencana pembangunan jangka menengah daerah, dan rencana kerja pemerintah daerah.

Menurutnya, forum tersebut memiliki nilai strategis dalam pengimplementasian point-point penting yang terkandung dalam rencana pembangunan jangka menengah Kabupaten (RPJMK) Abdya tahun 2017-2022.

Tahun 2020 merupakan tahun ketiga pelaksanaan visi dan misi Kabupaten Abdya dibawah kepemimpinan Bupati Akmal Ibrahim dan Wakil Bupati Muslizar MT.

Karena itu hal tersebut tentunya memerlukan pemikiran dan analisis yang tajam, sehingga dapat dituangkan dalam dokumen rancangan awal RKPK Abdya tahun 2020, sehingga terciptanya sinergisitas dan keselarasan antar dokumen perencanaan lainnya.

Pemkab Abdya untuk tahun 2020 mendatang telah menyusun 9 (sembilan) prioritas pembangunan.

Hal ini didasari dari arah dan kebijakan (RPJMK) Abdya tahun 2017-2022, diantaranya peningkatan nilai tambah pasca panen (kelautan, pertanian dan perkebunan), infrastruktur pendukung pertumbuhan ekonomi, pengembangan akses dan jaringan pasar, pengembangan UMKM, pengembangan agro wisata, pendidikan dan kesehatan, syariat Islam, penanggulangan kemiskinan, serta reformasi bikrokrasi dan tata kelola pemerintahan.

“Untuk itu, maka diharapkan dalam forum ini peserta mampu memberikan ide dan gagasan yang fokus dan lokus untuk penyempurnaan dokumen rancangan awal RKPK Abdya tahun 2020, sehingga arah dan sasaran perencanaan pembangunan Abdya tahun 2020 tercapai,” paparnya.

Amatan wartawan, selain dihadiri Wakil Bupati Muslizar MT, kegiatan tersebut turut dihadiri unsur forum komunikasi pimpinan daerah (Forkompimda), para asisten, kepala satuan kerja perangkat kabupaten (SKPK) dan pihak terkait lainnya.(Syahrizal/iqbal)

example banner

Subscribe

MEDIA REALITAS