Ketua FPRM Mengapresiasi Nelayan Idi Aceh Timur Khususnya Kepada Kapal KM Makmur Dan KM Tabina

oleh -131.579 views
Nasruddin Ketua FPRM Aceh

Aceh Timur | Realitas – Ketua Forum Peduli Rakyat Miskin (FPRM) Nasruddin mengapresiasi nelayan Idi Aceh Timur khususnya kepada awak Kapal KM Harapan Makmur dan KM. Tabina yang telah menyelamatkan 12 orang ABK warga Negara Myanmar yang notabe beragama Budha tenggelam dilaut lepas.

Ini merupakan aksi kemanusiaan sangat luar biasa yang dilakukan oleh nelayan kita, mereka tidak pernah memandang suku, agama ataupun ras dan mereka juga tidak pernah meminta imbalan apapun kepada orang yang telah ditolong.

Untuk evakuasi warga Myanmar sampai kedaratan membutuhkan waktu selama tiga (3) hari dan menelan biaya yang besar termasuk makan serta Bahan Bakar Minyak (BBM), padahal nelayan kita hidupnya masih dibawah garis kemiskinan.

Nasruddin juga berharap kepada pemerintah Myanmar melalui Dubes nya di Indonesia agar dapat membebaskan 15 orang nelayan Aceh Timur yang ditahan di Myanmar mengingat apa yang dilakukan oleh nelayan Aceh untuk penyelamatan warga negara Myanmar dari maut jauh lebih manusiawi.

Atas pertimbangan tersebut maka FPRM mendesak para pihak untuk membicarakan proses pembesan nelayan aceh timur di Myanmar tanpa syarat.

Selain itu kami berharap agar pemerintah Myanmar segera mengurusi dokumen ke 12 nelayan tersebut agar segera diproses untuk dikembalikan ke negaranya.

Adapun nama-nama 12 (Dua belas) orang ABK warga Negara Myanmar sebagai berikut :
1. Kyaw Soe umur 50 thn
2. Shwe Htoo Moung umur 65 thn
3. Thart Zin Soe umur 28 thn
4. Thaing Zow umur 44 thn
5. Atar Do umur 25 thn
6. Tun Kyi umur 57 thn
7. Nay Lin Tun umur 25 thn
8. Aung Ko Hein umur 21 thn
9. Nine Maya umur 18 thn
10. Ye Yaint Kyaw umur 20 thn
11. Nyi Nyi Lin Tun umur 21 thn
12. PnyoThura Soe umur 24 thn

(H A Muthallib)