43219 KALI DIBACA

Hari Kedua Pasca-Tsunami Selat Sunda, Basarnas Fokus Evakuasi Korban

Hari Kedua Pasca-Tsunami Selat Sunda, Basarnas Fokus Evakuasi Korban
example banner

Jakarta | Realitas – Badan SAR Nasional (Basarnas) fokus melakukan pencarian korban pasca-tsunami yang melanda wilayah pantai kawasan Selat Sunda, di Anyer, Banten dan Lampung, Sabtu (22/12/2018) malam.

Hal itu dikatakan Kepala Sub Bagian Hubungan Antar Media Basarnas Yusuf Latif saat dihubungi Kompas.com, Senin (24/12/2018).

“Untuk hari kedua ini masih melakukan penyisiran korban yang belum ditemukan,” ujar Yusuf.

Dalam proses evakuasi, Basarnas menurunkan 151 personel. Dari jumlah tersebut, sebanyak 111 personel diturunkan untuk melakukan proses pencarian di daerah Banten.

Personel tersebut terdiri dari anggota Basarnas di Banten, Jakarta, dan tim Basarnas pusat.

Sementara itu, sebanyak 40 personel lainnya diturunkan untuk proses evakuasi di daerah Lampung yang berasal dari anggota Basarnas di daerah tersebut.

Basarnas juga menurunkan sejumlah peralatan, di antaranya satu helikopter, dua kapal berukuran besar, dan tiga kapal cepat untuk melakukan pencarian.

“Kami juga terjunkan helikopter 1, kemudian kapal ujuran besar 2, RIB itu ada 3 termasuk Lampung.

Kemudian untuk penyisiran mulai dari Pantai Carita, pesisir Anyer sampai ke Pandeglang dilakukan penyisiran pagi ini,” papar Yusuf.

Berdasarkan data terakhir Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) hingga Minggu (23/12/2018) pukul 16.00 WIB, korban meninggal dunia akibat bencana ini bertambah menjadi 281 orang.

Sementara, korban luka-luka berjumlah 1.016 orang dan korban yang belum ditemukan 57 orang.

Kerusakan material meliputi 611 unit rumah, 69 unit hotel dan villa, 60 warung kuliner, dan 420 kapal dan perahu. (kps/iqbal)

example banner

Subscribe

MEDIA REALITAS