27619 KALI DIBACA

Polda Metro Jaya Amankan Ratusan Satwa Dilindungi

Polda Metro Jaya Amankan Ratusan Satwa Dilindungi
example banner

Jakarta | Realitas – Subdit Sumber Daya Lingkungan (Sumdaling) Ditreskrimsus Polda Metro Jaya mengamankan ratusan ekor hewan dilindungi.

Salah satunya, 128 ekor kura-kura moncong babi.

Satwa ini harga jualnya tinggi lantaran digunakan untuk bahan kosmetik di ekspor ke Taiwan.

Kura-kura moncong babi hanya hidup di daerah Papua dan juga memiliki kasiat untuk kesehatan yang mengandung protein tinggi.

Untuk ukuran kecil kura-kura ini dijual Rp 100 ribu, sementara ukuran besar mencapai Rp1 juta per ekornya.

“Kura-kura moncong babi populasinya hanya ada di wilayah Papua dan saat ini sudah terancam punah.

Para tersangka menjual kura-kura moncong babi tersebut untuk tujuan di export ke negara Taiwan, karena memiliki kasiat untuk kesehatan dan kecantikan,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono, Rabu (26/9/2018).

Selain itu, petugas juga menyita Buaya Rawa, Lutung Jawa, Siamang dan berbagai jenis burung lindungi dengan harga dijual Rp450 ribu hingga Rp3 juta per ekor.

Satwa-satwa tersebut dijual bebas di smedia sosial (medsos).

Dari penangkapan ini, polisi berhasil menangkap sembilan tersangka. Mereka merupakan sindikat penjualan hewan di Jabodetabek.

“Para tersangka menjual dan menawarkan satwa yang dilindungi melalui medsos dan pembayaran dilakukan dengan mentransfer melalui rekening yang sudah ditentukan.

Selanjutnya satwa dikirim melalui kurir atau penyerahan secara langsung,” ujar Kombes Pol Argo.

Dikatakan, para tersangka diamankan bersama satwanya terpisah di Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Terminal Grogol, Jakarta Barat, Bekasi Utara, Kota Bekasi, Tangerang Banten, Jababeka, Cikarang Utara, Jakasampurna, Kota Bekasi, dan Jagakarsa, Jakarta Selatan.

Kesembilan tersangka adalah BJ, EV, ZN, RSB, AL, ES, MYN, AF, dan SF masih dilakukan pemeriksaan dan pengembangan.

Hewan-hewan tersebut kemudian diserahkan kepada BKSDA (Balai Konservasi Sumber Daya Alam) wilayah II Jakarta yang beralamat di Tegal Alur Jakarta Barat dan Pusat Penyelamatan Satwa Tegal Alur, Kalideres, Jakarta Barat. ( H A Muthallib)

example banner

Subscribe

MEDIA REALITAS