45219 KALI DIBACA

Amankan Pemilu 2019, Polres Abdya Libatkan Ratusan Personel

Amankan Pemilu 2019, Polres Abdya Libatkan Ratusan Personel
Foto: Realitas/Syahrizal Kapolres Abdya, AKBP Andy Hermawan SIK MSc didampingi Komandan Apel Ipda Barmawi memeriksa kesiapan pasukan dalam Apel Gelar Pasukan Ops Mantap Brata Rencong 2018 di halaman Mapolres setempat, Rabu (19/9/2018).
example banner

Blangpidie | Realitas – Jajaran Polres Aceh Barat Daya (Abdya) siap mendukung pengamanan jelang dan hingga berlansungnya pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 di Kabupaten setempat.

Dimana, Kapolri Jendral Polisi Tito Karnavian telah mengintruksikan seluruh jajaran kepolisian di Indonesia untuk tetap siaga dan memberikan pengamanan pada Pemilu 2019 mendatang.

Dalam Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Brata Rencong 2018 di Halaman Mapolres Abdya, Rabu (19/9/2018).

Kapolres Abdya, AKBP Andy Hermawan SIK MSc dalam amanat Kapolri menyampaikan, Operasi Mantap Brata Rencong 2019 ini, akan berlansung selama 397 hari, terhitung mulai tanggal 20 September 2018 sampai dengan 21 Oktober 2019.

Untuk seluruh Indonesia, Polri melibatkan 272.886 personel.

Dikatakan Kapolri, Pemilu 2019 memiliki kompleksitas kerawanan dan karakteristik yang khas, karena untuk pertama kalinya pemilihan Legislatif (Pileg) dan pemilihan Presiden (Pilpres) digelar secara bersamaan dan serentak.

Dengan demikian, peningkatan intensitas kegiatan politik tentunya dapat memunculkan potensi kerawanan dibidang keamanan.

Yang menjadi perhatian bagi Polri adalah pemanfaatan politik identitas, penyebaran isu-isu yang dapat memecah belah persatuan bangsa, serta penyebaran hoax dan hate speech, yang berpotensi menimbul konflik sosial ditengah kehidupan bermasyarakat.

Operasi Mantap Brata ini, lanjut Kapolres Andy dalam amanat Kapolri, diselenggarakan dengan mengedepankan kegiatan Preemtif dan Preventif yang didukung kegiatan intelejen, penegakan hukum, kuratif dan rehabilitasi melalui penggelaran fungsi-fungsi kepolisian dengan bentuk satuan tugas tingkat pusat, tingkat daerah dan tingkat Polres.

“Kalau untuk pengamanan Pemilu di Abdya, kita melibatkan ratusan personel polisi yang ada di wilayah hukum Polres Abdya.

Disamping itu, kita juga di back up oleh personel TNI dan stakeholders terkait lainnya,” kata Kapolres Andy usai menjadi Inspektur Apel.

Usai pelaksanaan Apel tersebut, Sekda Abdya, Drs Thamren, Ketua DPRK Abdya, Zaman Akli, Dandim 0110/Abdya Letkol Arm Iwan Aprianto SIP, Ketua KIP Abdya Sanusi, para anggota Panwaslu Abdya, serta sejumlah instansi terkait lainnya melakukan rapat koordinasi seputar pelaksanaan Operasi Mantap Brata Rencong 2018 termasuk membahas persoalan tahapan pelaksanaan Pemilu 2019 yang berlansung di Ruang Kapolres setempat. (Syahrizal)

example banner

Subscribe

MEDIA REALITAS