50219 KALI DIBACA

Amankan Arus Mudik Lebaran, Polres Abdya Gelar Ops Ketupat Rencong

Amankan Arus Mudik Lebaran, Polres Abdya Gelar Ops Ketupat Rencong

Blangpidie | Realitas – Untuk melakukan pelayanan dan pengamanan arus mudik Lebaran, Polres Aceh Barat Daya (Abdya) menggelar Operasi Ketupat Rencong Tahun 2018 selama 18 hari sejak tanggal 7-24 Juni 2018.

Dalam operasi tersebut, Polres menyiapkan puluhan personel juga dibantu personel TNI, Satpol PP, Dinas Perhubungan dan RAPI agar proses arus mudik jelang Hari Raya Idul Fitri 1439 Hijriah dan arus balik setelahnya berjalan dengan aman dan lancar.

Kapolres Abdya, AKBP Andy Hermawan SIK MSc usai menjadi inspektur Apel Ops Ketupat Rencong di Halaman Mapolres setempat, Rabu (6/6/2018) mengatakan, Operasi Ketupat Rencong digelar seretak diseluruh Indonesia.

Dimana, akan berlangsung selama 18 hari terhitung sejak 7-24 Juni 2018.

Mengutip dari amanat Kapolri, lanjut Kapolres Andy, sasaran operasi adalah mengantisipasi kemacetan saat mudik dan balik, selain itu, memastikan keamanan masyarakat yang hendak mudik, ibadah serta berekreasi termasuk menekan angka kecelakaan berlalu lintas.

“Dalam hal ini, kita telah menyiapkan tiga Pos.

Pos Pelayanan dan Pengaduan (Yandu) di Pos Gardu Satlantas Blangpidie, satu Pos Pengamanan di Kecamatan Susoh,” sebutnya.

Selain menyiapkan tiga Pos tersebut, pihaknya juga mengintruksikan kepada seluruh Polsek dan Polsubsektor serta Koramil di sembilan kecamatan dalam Kabupaten Abdya untuk membuat Pos Pelayanan agar masyarakat yang sedang mudik bisa beristirahat sejenak hingga melanjutkan perjalanannya kembali.

“Dengan adanya pos pelayanan disetiap kecamatan tersebut, akan terhindar dari gangguan kriminalitas berupa premanisme, pencurian dan kejahatan lainnya.

Termasuk juga mengurangi angka kecelakaan saat berkendaraan,” tutur Kapolres Andy.

Pengamatan dilapangan, Apel Operasi Ketupat Rencong juga turut dihadiri Wakil Bupati Abdya, Muslizar MT, Dandim 0110/Abdya Letkol Arm Iwan Aprianto SIP, Ketua DPRK Zaman Akli, Kajari Abdya, Abdur Kadir SH MH, para Perwira Polres, Kodim dan sejumlah tamu undangan serta peserta apel baik dari Polisi/TNI, Satpol PP, Dishub, Rapi dan Tagana serta SAR termasuk Comunity Vespa Abdya.

Usai pelaksanaan Apel, unsur Forkompinkab Abdya dan rombongan melakukan pengecekan lokasi Pos Pelayanan dan Pengaduan serta Pos Pengamanan dengan menggunakan Motor skuter jenis Vespa yang turut dikawal patroli Satlantas, Motor Trail, Baracuda diikuti para comunity Vespa Abdya. (Syahrizal)

example banner

Subscribe

MEDIA REALITAS