48419 KALI DIBACA

Ratusan Penambang Minyak Ilegal Demo Ke DPRD Aceh Timur

Ratusan Penambang Minyak Ilegal Demo Ke DPRD Aceh Timur
example banner

Aceh Timur | Realitas – Ratusan warga yang mengatasnamakan penambang minyak ilegal unjuk rasa ke DPRD Kabupaten Aceh Timur di Idi, Aceh Timur, Senin (7/5/2018).

Dalam aksinya, Koordinator aksi Saifullah meminta agar aktivitas penambangan minyak di Desa Pasir Putih, Kecamatan Rantau Peureulak, Kabupaten Aceh Timur tidak ditutup pemerintah.

“Bebaskan saudara kami yang ada di Polres Aceh Timur,” teriak Saiful. Saiful juga mendesak Bupati Aceh Timur, Hasballah M Thaib menetapkan ledakan sumur minyak menjadi bencana daerah.

” Sumur minyak itu sumber kehidupan 3000 tenaga kerja bekerja di sana. Itu berbagai daerah bahkan ada dari Stabat dan Tanjung Pura, Sumatera Utara,” tuturnya.

Sementara itu, Bupati Aceh Timur, Hasballah M Thaib mempersilahkan warga luar Aceh yang ikut mengebor di wilayahnya untuk kembali ke daerahnya.

“Bagi bapak-bapak yang bukan warga saya, mengatasnamakan rakyat demi kelanjutan bisnis bapak-bapak, silakan pulang ke daerah bapak,” sebut Bupati.

Soal perizinan, pria yang akrab disapa Rocky ini mengaku akan berkoordinasi dengan Badan Pengelola Migas Aceh (BPMA) dan Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignatius Jonan.

“Saya hanya punya wilayah, perizinan ada di kementerian dan BPMA. Saya akan berkoordinasi dulu,” ungkapnya.

Diberitakan sebelumnya, 23 warga tewas dalam ledakan sumur minyak ilegal.

Sedangkan 35 orang lainnya mengalami luka-luka dan hingga sekarang masih dirawat di rumah sakit.

Atas kejadian ini, polisi menetapkan lima tersangka dalam kasus penambangan minyak ilegal di kawasan itu. (kps/iqbal)

example banner

Subscribe

MEDIA REALITAS