57219 KALI DIBACA

Puluhan Calon Komisoner KIP Abdya Ikut Ujian Tulis

Puluhan Calon Komisoner KIP Abdya Ikut Ujian Tulis
Sebanyak 40 calon komisioner KIP Abdya, mengikuti seleksi ujian tulis yang berlangsung di gedung DPRK setempat, Jumat (18/5/2018)
example banner

Blangpidie | Realitas – Sebanyak 40 calon komisioner Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Barat Daya (Abdya) yang dinyatakan lulus seleksi administrasi mengikuti ujian tulis yang berlangsung di Gedung DPRK Abdya yang langsung ditangani panitian seleksi (Pansel) pada Jum’at (18/5/2018) pagi.

Sekretaris Pansel, Hamdi kepada Realitas mengatakan, dalam pendaftaran calon komisioner KIP mencapai 51 orang.

Dari jumlah tersebut, hanya 46 orang yang mengembalikan formulir.

Selanjutnya dengan jumlah 46 orang mengembalikan formulir, 6 orang dinyatakan gugur lantaran terdaftar dalam Sipol (Sistem Informasi Partai Politik).

“Pada 22 Mei 2018 mendatang, maka hasil ujian tes tulis ini akan kita umumkan,” ungkapnya.

Selain mengikuti ujian tulis, para peserta nantinya juga akan mengikuti serangkaian seleksi lainnya seperti tes baca Alquran, psikotes dan wawancara.

Dari serangkaian kegiatan tes tersebut, Pansel akan menyisahkan sebanyak 15 calon komisioner yang lulus dengan nilai sesuai dengan kriteria serta ketentuan yang telah ditetapkan sebelumnya.

“Setelah meluluskan 15 calon komisioner KIP, tahap seleksi selanjutnya akan dilakukan oleh Komisi A DPRK Abdya,” tutur Hamdi singkat.

Anggota Komisi A DPRK Abdya, Iskandar mengatakan, 15 calon komisioner hasil seleksi Pansel tersebut akan diseleksi kembali hingga menyisahkan 5 komisioner yang lulus dan 5 lulus cadangan.

Seleksi yang akan dilaksanakan berupa tes akhir dan wawancara.

Tes akhir dan wawancara tersebut untuk menyaring kembali para calon agar mendapatkan orang-orang yang layak serta mampu dalam menjalankan tugas komisioner KIP.

“Tentu ada kriteria tersendiri dalam seleksi akhir nanti. Mereka haruslah orang-orang yang mampu, sehingga bertanggungjawa dalam menjalankan tugas.

Hasilnya akan diumumkan sebelum masa tugas Komisioner KIP Abdya yang sekarang berakhir,” sebutnya.

Amatan dilapangan, dari 40 calon komisioner KIP yang mengikuti seleksi tes tulis tersebut, terdapat wajah-wajah lama yang pernah menduduki posisi komisioner KIP Abdya, seperti T.Umar dan T.Rinaldi.

Bahkan seleksi itu juga diikuti oleh komisioner KIP Abdya aktif saat ini seperti Ketua KIP Abdya, Elfiza SH MH, anggota Muhammad Zikri dan Fachrul Razi serta mantan Ketua Panwaslih Abdya, Idris Shi termasuk Ismail IB SE yang juga anggota Panwaslih Abdya. Pelaksanaan ujian tulis itupun berjalan dengan tertib dibawah pengawasan Pansel serta sejumlah anggota setempat. (Syahrizal)

example banner

Subscribe

MEDIA REALITAS