LPJ Dana Desa Paya Barat Kabupaten Bireun Dimanipulasi

oleh -173.579 views

Bireun I Realitas – Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ) Desa Paya Barat TA 2017 dituding palsu, karena berkasnya dianggap sudah selesai sehingga sudah dapat pencairan tahap I tahun ini. Dokumen tersebut, dituding sarat manipulasi oleh oknum keuchik, beserta oknum yang terlibat dalam sistem pengelolaan Dana Desa (DD).

Informasi yang diperoleh Media Realitas menyebutkan, meski dugaan penyimpangan DD di Gampong Paya Barat sudah terkuak ke publik. Namun, belum ada instansi terkait dan penegak hukum yang merespon skandal itu. Malah terkesan, tak ada yang berani menindak informasi ini, diduga ikut serta mencicipi DD dengan berbagai macam cara yang tak terlihat.

Pengakuan Ketua Tuha Pheut, M. Nasir daud dirinya belum pernah menandatangani LPJ Gampong Paya Barat TA 2017. Dia juga heran mengapa pihak kecamatan, terkesan pura-pura tak tahu dan meloloskan berkas administrasi dari desa tersebut.

BACA JUGA :   Dua Curanmor Asal Sumut Dibekuk Polisi Di Kota Langsa

“Kami rasa itu dimanipulasi karena stempel sah lembaga Tuha Pheut, masih sama saya. Bagaimana mungkin bisa begitu, jika tidak ada yang mendukung diatasnya, sehingga bisa lolos verifikasi administrasi,”tukas M. Nasir daud.

BACA JUGA :   OPS Ketupat Seulawah, Ditlantas Polda Aceh: Angka Kecelakaan Turunkan

Dia mengaku, saat ini dirinya belum tahu jika dana desa sudah cair, karena keuchik tak pernah menyampaikan pengelolaan dana desa kepada tuha pheut gampong.M Nasir mengaku, sejak 2015-2017 dirinya selaku ketua tuha pheut, tak pernah menandatangani LPJ keuchik. Sehingga, perlu penjelasan pihak terkait.

“Kamis ini, kami rencana akan menemui pihak inspektorat Kabupaten Bireuen, karena Camat tak pernah menanggapi persoalan dana desa Paya Barat,” sebut M Nasir didampingi rekan-rekannya dari desa itu, ketika bertemu wartawan di Bireuen. ( reza)