46019 KALI DIBACA

Jelang Ramadhan, Polres Abdya Salurkan ZIS

Jelang Ramadhan, Polres Abdya Salurkan ZIS
Foto: Realitas/Syahrizal Salah satu perwira menyalurkan ZIS ke mustahik diaaksikan Kapolres Abdya AKBP Andy Hermawan, SIK, MSc di halaman Mapolres setempat, Selasa (8/5/2018)
example banner

Blangpidie | Realitas – Dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan 1439 Hijriah yang tinggal beberapa hari lagi, Polres Aceh Barat Daya (Abdya), menyalurkan Zakat Infak dan Sedekah (ZIS) kepada 187 mustahik (penerima) yang tersebar dalam sembilan Kecamatan di Kabupaten setempat, pada Selasa (8/5/2018) di Halaman depan Mapolres Abdya.

Kapolres Abdya, AKBP Andy Hermawan, SIK MSc mengatakan, ZIS yang disalurkan tersebut merupakan zakat profesi yang dikumpulkan dari seluruh personel sebesar 2,5 persen dari gaji yang diterima setiap personel.

Ditambahkan, ZIS ini merupakan harta yang wajib diberikan kepada orang-orang yang tertentu, dengan syarat-syarat tertentu pula.

Secara teknis, zakat berarti mensucikan harta milik seseorang dengan cara pendistribusian oleh yang mampu kepada yang tidak mampu sebagai hak mereka dengan membayar zakat.

Maka seseorang memperoleh penyucian hati dengan melakukan tindakan yang benar serta akan memperoleh rahmat, selain itu hartanya juga akan bertambah.

Sangat banyak manfaat dari penyaluran ZIS tersebut, diantaranya untuk menghindari kesenjangan sosial, membersihkan dan mengikis akhlak yang buruk, pembersih harta dan penjagaan diri dari ketamakan, rasa syukur atas nikmat yang Allah berikan serta banyak manfaat lainnya.

“Ada kenikmatan tersendiri jika ZIS ini telah sampai kepada yang berhak menerima.

Mereka yang terdiri dari fakir, miskin, fisabilillah dan mualaf sangat pantas menerima ZIS ini,” paparnya.

Penyaluran ZIS ini bertepatan dengan pelaksanaan ibadah puasa Ramadhan yang hanya menghitung hari lagi.

Maka dari itu Polres Abdya berupaya untuk membantu masyarakat yang tidak mampu melalui ZIS para personel.

“Setelah disepakati bersama, kami berinisiatif untuk membagikan zakat itu secara pribadi kepada yang berhak, agar para pemberi zakat dapat melihat langsung kepada siapa zakatnya itu disalurkan,” ungkapnya.

Jaksa salah seorang penerima ZIS mengaku senang dengan adanya upaya jajaran Polres Abdya dalam membantu dan meringankan beban masyarakat tidak mampu.

Meskipun baru beberapa kali dilakukan, niat baik aparat penegak hukum itu mendapatkan dukungan dan respon poisitif dari kalangan masyarakat yang tidak mampu.

“Kami harapkan program Polres Abdya dalam meringankan beban kami dari keluarga yang tidak mampu terus berlanjut, paling tidak kami juga dapat merasakan kebahagiaan yang sama dengan masyarakat yang tergolong mampu,” tuturnya.

Pengamatan di lapangan, selain Kapolres, acara tersebut juga turut dihadiri Wakapolres Abdya Kompol Jatmiko, SH, perwira Polres, Kapolsek dan masyarakat penerima ZIS. (Syahrizal)

example banner

Subscribe

MEDIA REALITAS