Hujan Lebat Angin Kencang Satu Mobil Ringsek Tertimpa Pohon Besar Di Kebayoran Baru

oleh -161.579 views

Jakarta I Realitas – Hujan Lebat angin kencang sebatang pohon jenis palem raja berukuran besar tumbang saat hujan lebat dan angin kencang mengamuk di kawasan Selong, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis (3/5/2018) sore.

Satu mobil Toyota Inova ringsek akibat tertimpa pohon, namun beruntungnya tidak ada korban jiwa.

Kepala Suku Dinas Kehutanan Kota Adminsitrasi Jakarta Selatan Yuswardi mengungkapkan, pohon besar tumbang di Jalan Sriwijaya Raya, Kelurahan Selong, Kecamatan Kebayoran Baru.

BACA JUGA :  Wakil Presiden RI Ke-9 Hamzah Haz Meninggal Dunia

Soalnya, akar pohon tidak kuat menahan terpaan angin yang bertiup cukup kencang.

“Berdasarkan informasi yang di dapat, pohon setinggi 15 meter tersebut tumbang sekitar pukul 15.30 WIB, saat hujan angin,” katanya.

Pihaknya segera menerjunkan puluhan personil untuk menangani pohon tersebut.

“Kita kerahkan 10 petugas buser Kehutanan untuk melakukan penanganan evakuasi terhadap pohon yang menimpa mobil tersebut, ujarnya.

Untuk menghindari kembali terjadinya pohon tumbang, sambung Yus, secara reguler pihaknya melakukan pemangkasan pohon baik tingkat berat, sedang dan ringan.

BACA JUGA :  Wakil Presiden RI Ke-9 Hamzah Haz Meninggal Dunia

“Untuk kondisi pohon yang mengalami keropos berat, miring extrim, kami lakukan penebangan,” terangnya.

Yus juga mengimbau masyarakat tidak merusak pohon dengan membakar batang bawah serta tidak menanam pohon yang tidak pada tempatnya seperti di luar pagar.

“Karena pertumbuhan perakaran menjadi terhambat akibat area penanaman terpotong dengan jalan dan saluran sehingga pohon menjadi lebih rawan tumbang,” katanya. ( H A Muthallib ).