80019 KALI DIBACA

Dengan Dana Rp.2,4 Miliar, Kemenag Bangun 2 Gedung KUA Di Abdya

Dengan Dana Rp.2,4 Miliar, Kemenag Bangun 2 Gedung KUA Di Abdya
Kakanwil Kemenag Aceh, Drs H M Daud Pakeh meletakan batu pertama pembangunan gedung KUA Susoh yang turut disaksikan Wakil Bupati Muslizar MT dan Kakankemenag Abdya, H Arijal MA, Selasa (22/5/2018)

Blangpidie | Realitas – Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Provinsi Aceh dalam tahun 2018 membangun dua unit gedung Kantor Urusan Agama (KUA) di Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) dengan besar anggaran Rp.2,4 miliar.

Masing-masing KUA, akan dikucurkan dana sebesar Rp.1,2 miliar.

Secara simbolis, Kepala Kanwil Kemenag Aceh Drs H M Daud Pakeh, Selasa (22/5/2018) melakukan peletakan batu pertama di KUA, Kecamatan Susoh, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) Provinsi Aceh, Selanjutnya, pembangunan serupa juga akan dilaksanakan di KUA Kecamatan Kuala Batee, Kabupaten Abdya.

Kakanwil Kemenag Aceh, Drs H M Daud Pakeh, menyampaikan, Kementerian Agama fokus pada pembenahan fisik gedung KUA Kecamatan yang di bangun melalui skema pembiayaan Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) sejak tahun 2016, agar KUA Kecamatan memiliki gedung yang representatif.

Selain itu, nomenklatur KUA kecamatan saat ini telah berubah menjadi Balai Nikah dan Manasik Haji.

Sehingga nantinya akan banyak kegiatan dan peran yang dilakoni oleh KUA, tidak hanya persoalan nikah semata, namun juga mencakup persoalan pelaksanaan ibadah haji.

“Sekarang gedung KUA tidak hanya berfungsi untuk pencatatan nikah saja, akan tetapi telah berubah menjadi Balai Nikah dan Manasik Haji.

Perubahan wajah KUA ini disesuaikan dengan kebutuhan, apalagi yang masyarakat yang datang ke KUA sangat ramai,” ungkap Daud Pakeh dihadapan para unsur Forkompinkab dan tamu undangan lainnya yang berhadir.

Disamping itu, Kakanwil Kemenag Aceh, Daud Pakeh juga mengucapkan terimakasih kepada Pemkab Abdya yang telah membantu menghibahkan tanah guna mendukung proses pembangunan dua KUA dimaksud.

Meski merupakan instansi vertikal, pihaknya akan tetap mengupayakan memenuhi kebutuhan masyarakat.

“Tahun lalu Abdya memperoleh satu unit pembangunan gedung baru KUA, tahun ini Abdya dapat dua.

Tinggal enam KUA yang belum dibangun kembali, semoga saja ke depan terealiasi, itu kalau Pemkab Abdya mau membantu menyediakan lahannya,” pungkasnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Abdya, Muslizar MT mengapresiasi upaya dan program yang dijalankan Kanwil Kemenag Aceh.

Pemkab Abdya akan tetap siap dalam menyediakan tanah.

Bahkan pihaknya akan menghibahkan gedung SMK Kelautan kepada Kemenag Abdya yang berlokasi di kawasan Suak Nibong, Kecamatan Tangan-Tangan untuk dimanfaatkan sebagai sekolah madrasah.

Dia berharap semoga proses pembangunan tersebut berjalan lancar dan dapat diselesaikan tepat pada waktunya, sehingga bisa dimanfaatkan secara maksimal untuk melayani masyarakat khususnya di Kecamatan Susoh.

“KUA merupakan elemen penting dalam memberikan penyuluhan, bimbingan bidang keagamaan serta pembangunan moral bagi masyarakat terutama bagi generasi muda, dan turut berperan dalam mendukung program-program pembangunan daerah,” demikian imbuhnya.

Proses peletakan batu pertama pembangunan KUA Susoh juga turut dihadiri Kakankemenag Abdya, Drs H Arijal MA, Asisten II Setdakab Abdya, Salman, kepala SKPK, kepala KUA, unsur muspika, para keuchik hingga unsur terkait lainnya. (Syahrizal)

example banner

Subscribe

MEDIA REALITAS