Kapolsek Cengkareng Ajak Tahanan Setiap Malam Jumat Ngaji Bareng

oleh -175.579 views

Jakarta I Realitas – Sejak remaja Kompol H. Khoiri dikenal anak santri. Kompol Khoiri lulusan dari pesantren sebelum mendaftar menjadi anggota Polri. Tak heran di sela-sela kesibukanya sebagai Kapolsek Cengkareng, Kompol Khoiri masih menyempatkan waktu setiap malam Jumat mengajak tahanan ngaji bersama. Usai mengaji, Kompol Khoiri memberikan tausyiah lalu makan malam bareng.

Kegiatan agama ini dilakukan usai Salat Magrib dengan tahanan mapolsek. “Tidak ada kata terlambat, kalau mau belajar asal tidak main-main pasti akan berhasil,” ujar Kompol Khoiri memberikan pencerahan pada 16 tahanan dari berbagai kasus kejahatan.

Seringkali tausyiah yang diberikan menyentuh perasaan tahanan sehingga menibulkan penyesalan. Bahkan tak sedikit dari mereka yang menitikkan air mata lantaran malu, menyesal, dan berdosa.

“Komandan, saya salah jalan. Sudah lama tidak mengaji dan shalat. Di balik teralis besi ini, baru kali ini ada lagi yang mengingatkan. Selama ini saya jauh dari agama,” ucap Said 24, tahanan yang terlibat narkoba itu.

BACA JUGA :  Ketua YARA Langsa Desak Kapolda Dan Ditreskrimsus Polda Aceh Tangkap Pemilik Tanah Minyak Ilegal Gampong Alur Canang

Tak hanya Said, tahanan lain bernama Hendra, 25, juga terharu ketika mendengar kapolsek melantunkan ayat suci Al Quran. “Masya Allah, komandan yang sudah berpangkat dan menjadi kapolsek saja pandai mengaji. Saya shalat, setelah ditangkap dalam kasus narkoba,” ujarnya seraya berjanji ke depan akan belajar mengaji kepada sesama tahanan.

Mendengar pengakuan para tahanan itu, Kapolsek Khoiri hanya tersenyum. Kompol Khoiri mengingatkan mereka agar tidak putus asa dan kembali memperbaiki kekeliruannya.

“Dosa sebesar apa pun, kecuali menduakan Allah SWT, akan diterima dan diampuni Allah,” kata Kompol Khoiri.

Selain rutin memberikan pencerahan kepada tahanannya, Kompol Khoiri juga kerap melayat warga yang meninggal dunia, meski almarhum bukan tokoh agama, masyarakat, atau pejabat.

BACA JUGA :  Pelindo Multi Terminal Edukasi Pilah Pilih Sampah Sejak Dini: Menuju Implementasi SDGs

Suatu hari, ketika kapolsek keliling kampung dibonceng motor Kanit Binmas Iptu Wiyanto, melihat ada puluhan warga berkumpul di depan rumah yang memasang bendera kecil warna kuning di daerah Kapuk, Cengkareng, Kompol Khoiri langsung melayat.

Ketika disambangi, rupanya seorang kakek Muhammad Ucu Bin Acim meninggal dunia dalam usia 83 tahun. Berpakaian dinas lengkap Kompol Khoiri ikut melayat.

Kehadirannya disambut warga. Kompol Khoiri langsung masuk ke rumah duka menemui keluarga almarhum dan mengucapkan turut berduka cita.

Ketika jenazah akan dishalatkan ke mesjid, Kompol Khoiri ikut menggotong keranda dan shalat jenazah. Selanjutnya diantar sampai ke peristirahatan almarhum yang terakhir. Kedekatanya dengan warga, tak lain menyambung tali silaturahmi dengan warga.

“Silaturahmi itu dapat memperpanjang usia dan rezeki. Lagian sebagai anggota Polri, harus dekat dengan masyarakatnya,” tutup Kompol Khoiri. (Iqbal )