118719 KALI DIBACA

Ratusan Orang Anggota PPK dan PPS Aceh Selatan di Lantik

Ratusan Orang Anggota PPK dan PPS Aceh Selatan di Lantik
Ketua KIP Aceh Selatan, Khairunis Absyir melantik ratusan anggota PPK dan PPS, berlangsung Jumat (9/3/2018) di gedung rumoh Agam Jalan Nyak Adam Kamil Tapaktuan.MEDIA REALITAS/ZULMAS
example banner

ACEH SELATAN-REALITAS:Sedikitnya 809 orang anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemunguta Suara (PPS), sore Jumat (9/3/2018) dilantik pada gedung Agam jalan Nyak Adam Kamil Tapaktuan.

Pengampil sumpah pelantikan tersebut, langsung dikendalikan oleh Ketua KIP Aceh Selatan, Khairunis Absyir dan disaksikan oleh Sekda Aceh Selatan, H. Nasjuddin, SH. MM, Kabag OPS Polres, Kompol Masril, Sekretaris KIP, Surya Dharma dan beberap orang komisioner KIP.

Dasar prlantikan baik itu anggota PPK maupun PPS, sebelumnya diberitaka harian ini, sesuai dengan Undang-Undang nomor 7 tahun 2017 tentang perekrotan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) pemilihan legislatif tahun 2019 tahun depan, kata Ketua Devisi Sosialisasi dan SDM, Syamsuhardi.

Sebelum dilakukan pelantikan tersebut, terlebihdahulu melakukan seleksi beberapa tahapan, yang pertama pemeriksaan ADM, ujian tulis dan wawancara.

Dan pada hari ini Jumat (9/3/2018) dilakukan pelantikan, anggota PPK sebanyak 54 orang dan PPS sebanyak 775 orang.

Sementara sebelum melakukan rekrotmen dan tes ujian beberapa tahap terhadap anggota PPS, kami sudah merekrotmen dan di tes anggota PPK juga telah ada hasilnya sebanyak 54 orang dan sekaligus dilantik dengan anggot PPS sebanyak 755 orang. Dan anggota PPS masih ada kurang sebanyak 25 orang lagi, karena masih ada desa-desa waktu perekrotmen tidak mendaftar sebanyak 11 desa, terdapat pada empat kecamatan, yakni Kecamatan Trumon Tengah satu desa, Trumon Timur satu desa.

Kemudian Kecamatan Trumon, lima desa dan Kecamatan Kluet Tengah, empat desa. Sebab katanya, anggota PPS yang kita perlukan sebanyak 780 orang, dan setiap desa terdapat tiga orang anggota PPS. Kabupaten ini dengan jumlah desa sebanyak 260 desa, katanya Syamsuardi kepada media ini dicelah-celah pelantikan.

Ia menambahkan, anggota PPS yang kurang itu dalam waktu dekat ini kita akan mengetes kembali sesuai dengan kebutuhan, katanya.

Dikesempatan tersebut, Ketua KIP Aceh Selatan, Khairunis Absyir dalam sambutanya mengatakan, anggota PPK dan PPS yang diambil sumpah hari ini, segenap anggota KIP Aceh Selatan dan jajaran sekretarisnya sampai kepada PPK, PPS dan KPPS bersama Panwaslu adalah penyelenggara Pemilu, di pundak kita telah ddiletakan amanah yang sangat besar.

“Baik buruknya pemilu ini, tergantung kepada kita penyelenggara. Saya harapkan jaga amanah, kepercayaan, jangan sampai nanti terdengar di telinga kita bahwa pada penyelenggara pemilu yang bermain mata dengan para peserta pemilu,” ujarnya.

Terkait dengan itu, Ketua KIP mengingatkan bahwa setiap kita selaku penyelenggara pemilu (KPU dan Panwaslu) adalah termasuk lembaga yang paling maju penegakan kode etik disamping lembaga KPK.

Kemudian tantangan yang kita hadapi cukup besar, kalau dalam pemilihan ini, niat anda menjadi PPK dan PPS adalah untuk menggapai sejumlah rupiah dengan cara-cara yang kotor, seperti bermain dengan mata sama peserta pemilu. Maka buanglah jauh-jauh niat seperti itu atau lebih baik dari sekarang, kawan-kawan mundur saja dari PPK dan PPS, tegasnya Khairunis.(MR.ZULMAS)

example banner

Subscribe

MEDIA REALITAS