76219 KALI DIBACA

BNN : Gembong Narkoba Jaringan Sadikin Cs Tak Hanya Libatkan 1 Orang WNA

BNN : Gembong Narkoba Jaringan Sadikin Cs Tak Hanya Libatkan 1 Orang WNA
example banner

Jakarta I Realitas – Badan Narkotika Nasional (BNN) menggagalkan penyeludupan sabu seberat 51Kg, mereka yang diringkus adalah Huang Jhong Wei dan Sadikin, serta seorang sopir taksi online bernama Akbar Rifai sebagai terduga pelaku.

Kejadiannya di Jalan Lodan Raya, Pintu Air Ancol, Jakarta Utara, Kamis (15/03/2018) malam.

“Satu di antaranya, Huang Jhong Wei, tewas karena mencoba melawan petugas pada saat pengembangan,” ucap Deputi Pemberantasan Badan Narkotika Nasional (BNN) Irjen Arman Depari, Jumat (16/03/2018).

Arman membeberkan tugas Huang Jhong Wei dalam jaringan ini. Menurut dia, Warga Negara (WN) Taiwan itu menerima, menyimpan sekaligus mendistribusikan sabu sesuai permintaan. Diketahui, Huang Jhong Wei bukanlah satu-satunya WNA yang berkecimpung dalam jaringan Sadikin Cs.

“Hasil penggeledahan di apartemen ada barang lain non-narkotika (Rekening ATM). Memberikan gambaran sesuai penyelidikan selama ini maka sindikat ini sudah berkali-kali melakukan aktivitas. Paling tidak dalam catatan kami dua atau tiga kali,”ujar dia.

“Ternyata orang asing yang selama ini mengoperasikan sudah berganti-ganti. Terhitung ada tiga kali. Terakhir tersangka Huang,”tandas Arman Depari.

Sebelumnya, BNN menangkap dua terduga bandar sabu di kawasan pintu air Ancol, Jakarta Utara, Kamis malam (15/3/2018).

Direktur Penindakan dan Pengejaran BNN Brigjen Irwanto mengatakan, kedua terduga bandar itu sempat berusaha melarikan diri. Tembakan peringatan pun diumbar ke udara oleh anggota BNN yang melakukan pengejaran. Salah satu terduga bandar sempat lompat ke Kali Ancol.

“Kita sudah intai, kita kejar sampai kita berikan tembakan peringatan. Satu tadi lompat ke kali,” kata Brigjen Irwanto di lokasi.

Irwanto melanjutkan, kedua pelaku pun akhirnya menyerah. Di lokasi, keduanya langsung diborgol. Dari pemeriksaan sementara, satu pelaku adalah Warga Negara Asing (WNA) asal Taiwan.

“Ada dua ini tersangkanya. Satu bisa bahasa Taiwan,” ungkap dia.

Dari penangkapan kedua tersangka, BNN juga berhasil mengamankan barang bukti sabu seberat 50Kg.

Pantauan MediaRealitas.com, warga sekitar dan pengendara yang melintas di lokasi sempat berhenti untuk menyaksikan aksi penangkapan dua tersangka. Salah satu tersangka jadi sorotan lantaran seluruh badannya dipenuhi lumpur kali Ancol.(L.6/M.Nazar)

example banner

Subscribe

MEDIA REALITAS