148919 KALI DIBACA

Kapolda Aceh Irjen Pol Drs Rio S. Djambak: Lakukan Pemantauan Pilkada di Aceh Selatan

Kapolda Aceh Irjen Pol Drs Rio S. Djambak: Lakukan Pemantauan Pilkada di Aceh Selatan
example banner

ACEH SELATAN | REALITAS:Kapolda Aceh, Irjen Pol Rio S. Djambak Kamis (22/2/2018) siang melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Aceh Selatan dalam rangka memantau pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Bupati dan Wakil Bupati Aceh Selatan.

Kapolda dalam menggelar pertemuan dengan Plt Bupati Aceh Selatan Kamarsyah dan pejabat Forkopimda serta pasangan calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati di Aula Mapolres Aceh Selatan.

Seusai pertemuan dengan Plt Bupati Aceh Selatan, dan Forkopimda termasul tujuh pasangan calon Bupati dan wakil bupati itu, Kapolda memberikan kepada wartawan. Kapolda memastikan seluruh anggota TNI/Polri termasuk Aparatur Sipil Negara (ASN) bersikap netral dalam pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Bupati dan Wakil Bupati Aceh Selatan tahun 2018 ini.

“Saya pastikan bahwa seluruh anggota TNI/Polri termasuk ASN bersikap netral tidak memihak kepada satu pasangan calon pun. Jika ada yang bersikap tidak netral segera laporkan supaya bisa tindak tegas,” papar Irjen Pol Rio S Djambak.

Menurut kapolda, kedatangannya ke Aceh Selatan khusus dalam rangka melakukan pemantauan kesiapan pelaksanaan Pilkada Bupati dan Wakil Bupati tahun 2018. Sebelum ke Aceh Selatan, Kapolda Aceh juga telah melakukan pemantauan serta pertemuan dengan pejabat terkait di Pemko Subulussalam sebagai bagian dari langkah pihaknya melakukan pengecekan kesiapan Pilkada di daerah tersebut.

“Kita memfokuskan perhatian terhadap tiga kabupaten/kota di Aceh yang saat ini sedang melakukan persiapan pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2018 yakni Kabupaten Pidie Jaya, Aceh Selatan dan Pemko Subulussalam,” tuturnya.

Pihaknya, jelas kapolda, memastikan pengamanan pelaksanaan Pilkada tahun 2018 di tiga kabupaten/kota tersebut akan berjalan lancar dan kondusif.

Untuk itu, kapolda mengharapkan kepada seluruh lapisan masyarakat di tiga kabupaten/kota tersebut khususnya Kabupaten Aceh Selatan, dapat menyampaikan aspirasinya secara bebas dan gunakan hak suaranya masing-masing secara bertanggungjawab. Masyarakat diminta tidak usah takut terhadap upaya intimidasi dan tekanan dari pihak manapun.

“Baru saja saya telah menggelar pertemuan dengan Plt Bupati Aceh Selatan termasuk dengan para pasangan calon dan ketua tim suksesnya masing-masing termasul dengan KIP dan Panwaslih.

Pada kesempatan itu, semua pihak telah sepakat menyukseskan pesta demokrasi ini dengan lancar tanpa ada gangguan apapun. Khususnya kepada TNI/Polri dan ASN juga telah kita pastikan bersikap netral.

“Kita tidak kemana-mana bahwa tujuan kita satu yakni keberadaan kita khusus menjaga dan mengawal untuk terlaksananya Pilkada ini secara aman dan lancar,” ucapnya

Menurut pantauan media ini, dari tujug pasangan calon bupati dan wakil bupati Aceh Selatan, yang hadir paslon HT Sama Indra-H. Harmaini, H. Azwir-Amran, H. Mirwan-Zirhan sementara pada saat pertemuan Zirhan tidak hadir.

Sedang empat paslon lain, Husen Yusuf-Musafril, Darman-Baital Makmur dan H.zulkarnaini-M. Jasa tidak hadir hanya yang hadir ketua timsesnya. Kemudian H. Karman tidak hadir, hanya menghadiri wakilnya, H. Afdal Yasin.(MR.ZULMAS)

example banner

Subscribe

MEDIA REALITAS