Diduga Bantuan Bibit Karet Untuk Kelompok Tani Tidak Disalurkan, Kejaksaan Negeri Idi Diminta Panggil Pejabat Terkait

oleh -209.579 views

Aceh Timur I Realitas – Diduga Bantuan bibit karet untuk kelompok tani di wilayah Aceh Timur tidak disalurkan Kejaksaan Negeri Idi diminta panggil instansi terkait.

 

Penegak hukum baik Jaksa maupun pihak Polres Aceh Timur, diminta segera usut penyaluran bantuan Bibit Karet pada tahun 2016 yang lalu di Aceh Timur, karena dugaan sementara bantuan itu tidak diterima oleh kelompok Tani,‘’Ujar Direktur Ciris Soesaty Centre (CSC) Jufri Zainuddin Kepada Media ini, Kamis (15/2/2018).

 

Dari  hasil investigasi sementara lembaganya masih ada Kelompok Tani yang belum menerima bantuan Bibit Karet seperti Kelompok Tani di Peunaron dan Indra Makmu, padahal bantuan ini sudah sejak tahun 2016 tapi sampai memasuki tahun anggaran 2018 kelompok tani belum menerima bibit tersebut ada apa ini, ‘’tanya Jufri dengan nada penuh heran.

BACA JUGA :  Pelindo Multi Terminal Edukasi Pilah Pilih Sampah Sejak Dini: Menuju Implementasi SDGs

 

Lebih lanjut Jufri  menyebutkan bahwa bantuan tersebut  merupakan sumber dana OTSUS tahun 2016, sebesar 731.250.000 untuk pengadaan Bibit Karet lebel biru siap salur sebanyak 58.500 batang yang di menangkan oleh CV. HUTANKU, namun bibit tersbut sampai saat ini belum diketahui dimana tersendat sehingga kelompok tani belum menerima.

 

Tidak hanya bantuan bibit karet saja, Dinas Perkebunan dan Perternakan juga menyalurkan bantuan sarana produksi seperti cangkul, Parang dan Hands Prayer kepada kelompok tani yang tidak sesuai dengan kualitas dan kwantitas yang di anggarkan di dalam APBK Aceh Timur 2017.

 

Maka untuk itu di minta kepada penegak hukum agar mengusut dugaan penyelewengan bantuan di Dinas Perkebunan dan Perternakan Aceh Timur, agar hak -hak masyarakat petani tidak di mark up oleh oknum pejabat yang bermental korup,’’imbuh nya.

BACA JUGA :  Kejari Banda Aceh Periksa Empat Pj Disdik Terkait Pelaksanaan Pelatihan Guru

 

Selain itu juga dirinya berharap kepada Bupati Aceh Timur untuk melakukan evaluasi kinerja para kepala dinas, kalau tidak maka semangat untuk membangun Aceh Timur akan berjalan lamban.

 

Sampai berita ini diturunkan belum ada keterangan resmi dari pihak Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten  Aceh timur.

 

Wartawan media Kamis (15/2/2018) yang datang kekantor itu untuk melakukan konfirmasi menyangkut proyek bantuan bibit Karet tidak ada pejabat terkait dikantor itu , Ketika media ini menemui salah seorang pegawai kantor itu untuk menanyakan kepala Dinas, tidak ada yang berani menyebutkan kemana kepala Dinas.(HASBI ABUBAKAR)