YARA Minta BNN Lakukan Tes Urine Narkoba Kepada Kades Dan Perades Di Gayo Lues

oleh -22.579 views

Gayo Lues | REALITAS – Yayasan Advokasi Rakyat Aceh (YARA) meminta kepada Badan Narkotika Nasional (BNN) Pemerintah Kabupaten Gayo Lues untuk segera melaksanakan tes urine bagi seluruh kepala desa dan perangkat desa (Perades) di Kabupaten Gayo Lues.

Permintaan tersebut kepada BNN, karena didasari beberapa alasan yang membuat dirinya memiliki kekhawatiran besar para kepala desa dan perangkatnya terjerat narkoba.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Perwakilan YARA Gayo Lues Muzakir. Ar, S.H., Minggu 08 September 2024.

Permintaan ini, kata dia, muncul sebagai bagian dari upaya untuk mencegah penyalahgunaan narkoba dan meningkatkan integritas pemimpin desa dan jajarannya dalam menjaga masyarakat setempat di Kabupaten Gayo Lues.

Dalam pernyataannya, YARA Gayo Lues menekankan bahwa Keuchik memiliki peran penting sebagai pemimpin di tingkat desa. Mereka tidak hanya bertanggung jawab dalam urusan kesejahteraan masyarakat akan tetapi juga sebagai panutan bagi masyarakat. Dengan adanya tes urine, diharapkan dapat menegaskan komitmen para Kepala Desa beserta jajarannya terbebas dari narkoba serta dapat memberikan contoh yang baik kepada seluruh masyarakat.

BACA JUGA :  Dugaan Korupsi Dana KONI Tahun 2022, YARA Surati Kejari Subulussalam

Kami percaya bahwa Keuchik yang bersih dari penyalahgunaan narkoba akan lebih efektif dalam melakukan pengawasan dan pencegahan di lingkungan mereka. Oleh karena itu, kami meminta agar Pemerintah Kabupaten Gayo Lues dan BNN segera melaksanakan tes urine untuk seluruh Keuchik beserta jajarannya di ada di Kabuaten Gayo Lues.

“YARA juga mengusulkan agar kegiatan ini diiringi dengan program edukasi mengenai bahaya narkoba. Sehingga, kata dia, pihak Keuchik dan jajarannya dapat lebih memahami dampak negatifnya dan mampu menyebarkan informasi tersebut kepada seluruh lapisan masyarakat.” kata Muzakir.q

Selanjutnya, kata dia, keterlibatan para Keuchik dan aparat desa lainnya dalam program ini diharapkan dapat memperkuat upaya pencegahan narkoba di tingkat desa.

BACA JUGA :  Polri Ungkap Kasus Pencucian Uang Hasil Peredaran Narkoba, Dikendalikan Napi Lapas Tarakan

Menurutnya, Pemerintah Kabupaten Gayo Lues dan BNN diharapkan dapat merespons permintaan ini dengan cepat, sebagai langkah nyata dalam memerangi penyalahgunaan narkoba dan menciptakan lingkungan yang lebih aman bagi generasi mendatang terbebas dari narkoba.

“Dengan melaksanakan tes urine, YARA Perwakilan Gayo Lues percaya bahwa seluruh

Keuchik dapat berperan aktif dalam menjaga kesehatan dan keselamatan masyarakat, sekaligus membangun kepercayaan publik terhadap pemimpin desa.” ujarnya Muzakir.