Upaya Wujudkan Jakarta Yang Inklusif, Ridwan Kamil Dengar Langsung Aspirasi Penyandang Disabilitas

oleh -16.579 views
Upaya Wujudkan Jakarta Yang Inklusif, Ridwan Kamil Dengar Langsung Aspirasi Penyandang Disabilitas
Bakal calon gubernur Jakarta, Ridwan Kamil (tengah) bersama Staf Khusus Presiden Bidang Sosial, Angkie Yudistia (kiri) saat kegiatan Jejak Langkah Inklusi RIDO bersama Teman Disabilitas di Halte Transjakarta Tosari, Jakarta, Jumat (13/9/2024). (Foto Net)

Jakarta | REALITAS – Dalam upaya mewujudkan Jakarta yang inklusif, bakal calon gubernur DKI Jakarta, Ridwan Kamil, secara langsung menyapa dan mendengarkan aspirasi para penyandang disabilitas di Halte Transjakarta, Jakarta Pusat, pada Jumat 13 September 2024.

Kunjungan ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian dan komitmennya untuk memastikan semua warga Jakarta, tanpa terkecuali, dapat menikmati aksesibilitas yang sama terhadap fasilitas publik, khususnya transportasi umum.

“Nanti akan saya simak curhatan-curhatannya seperti apa, kira-kira gitu. Salah satunya tentang mobilitas, bagaimana bergerak dari rumah ke tempat kerja, tentu menggunakan transportasi,” kata Ridwan Kamil kepada wartawan di Halte Transjakarta Tosari.

Selama kunjungan, Ridwan Kamil tidak hanya mendengarkan, namun juga ikut mencoba menggunakan Transjakarta bersama para penyandang disabilitas. Pengalaman langsung ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang tantangan yang mereka hadapi saat menggunakan transportasi umum.

“Kenapa tadi kita tes bersama-sama, menggunakan Transjakarta, bagaimana mereka sebagai warga tentu punya hak untuk nyaman melakukan mobilitas,” ujarnya.

Menanggapi aspirasi tersebut, Ridwan Kamil mengakui bahwa masih banyak yang perlu dilakukan untuk meningkatkan aksesibilitas transportasi umum di Jakarta. “Memang benar, di beberapa wilayah, terutama di pusat kota, fasilitasnya sudah cukup baik. Namun, di daerah-daerah lain, masih banyak yang perlu ditingkatkan,” ujarnya.

BACA JUGA :  Pleno Perdana PWI Pusat Tetapkan HPN 2025 Di Provinsi Riau

Menurutnya, ciri-ciri kota yang baik adalah kota yang adil terhadap semua. Baik terhadap lanjut usia (lansia), anak kecil hingga kaum disabilitas.

Saat ditanya soal sejauh mana akses disabilitas di transportasi umum, dia menyebut, sudah ada beberapa yang cukup memadai.

“Sepanjang yang saya tahu di wilayah-wilayah yang sifatnya central business districtnya atau di pusat kota seperti Sudirman-Thamrin relatif sudah memadai. Hanya, di daerah-daerah yang bukan wilayah pusat, saya amati memang belum merata kira-kira begitu. Kita kan ada program salah satunya kan Jakarta merata,” katanya.

Sementara itu, Ketua DPD Partai Gerindra Ahmad Riza Patria ditunjuk sebagai ketua tim sukses (timses) pasangan bakal calon gubernur-calon wakil gubernur Jakarta Ridwan Kamil-Suswono. Ridwan Kamil mengatakan, timses pasangan Ridwan Kamil-Suswono ini nantinya diisi 70 persen anak-anak muda.

“Ahmad Riza Patria sudah fix, tinggal kita umumkan secara resmi bersama timses yang 70 persen anak-anak muda contohnya Mbak Angkie (Angkie Yudistia) ini jubir saya, salah satu jubir jadi wajah timses kami, mayoritas seumuran beliau,” kata Ridwan Kamil kepada wartawan di Jakarta, Jumat 13 September 2024.

BACA JUGA :  Penolak Ketua DPRK Aceh Singkil Terindikasi Menantang SK DPP Nasdem Pusat

Tak hanya diisi oleh anak-anak muda, nantinya juga Timses Ridwan Kamil-Suswono akan diisi oleh para publik figur. “Oh banyak,” ujar dia.

Pria yang kerap disapa Kang Emil ini mengatakan, Ahmad Riza Patria akan diumumkan secara resmi menjadi ketua timses dalam tiga hari ke depan. “Mungkin dalan 2-3 hari ini,” ujarnya lagi.

Sebelumnya, Bendahara Umum (Bendum) Partai Nasdem Ahmad Sahroni, menyatakan diri batal menjadi ketua tim pemenangan pasangan bakal calon gubernur dan wakil gubernur Jakarta, Ridwan Kamil-Suswono.

“Setelah diskusi yang lebih mendalam dengan anggota koalisi, maka diputuskan bahwa ada penugasan lain untuk saya, dan posisi ketua timses RK-Suswono akan dipegang rekan yang lain,” kata Sahroni kepada awak media, Senin 09 September 2024.

Meski demikian, Sahroni mengaku tidak bisa membeberkan siapa sosok pengganti ketua timses pasangan Ridwan Kamil – Suswono. “Nanti elite koalisi yang akan umumkan,” pungkas dia.(*)

 

Sumber: L6