Pj Bupati: 115 Gampong Di Aceh Besar Terima Dana Insentif Rp15,2 miliar

oleh -20.579 views
Pj Bupati: 115 Gampong Di Aceh Besar Terima Dana Insentif Rp15,2 miliar
Pj Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto.

Banda Aceh | REALITAS – Pj Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto menyebutkan sebanyak 115 Gampong dalam wilayah Kabupaten Aceh Besar menerima Dana Desa tambahan (Insentif) tahun 2024 sebesar Rp15,2 miliar.

“Dana insentif yang diterima tersebut bersumber dari APBN sebagaimana tertuang dalam Keputusan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor 352 Tahun 2024 tentang Rincian Insentif Desa Setiap Desa TA 2024,” kata Muhammad Iswanto kepada wartawan di Jantho, Jumat 13 September 2024.

Ia menjelaskan pemberian insentif tersebut merupakan salah satu upaya yang dilakukan pemerintah untuk meningkatkan kinerja aparatur gampong melalui Kebijakan Insentif Desa di tahun berjalan, sehingga Pemerintah Gampong semakin baik dalam pengelolaan Keuangan Gampong dan pemerintahan gampong.

BACA JUGA :  SAPA: Hasil Tim Pansus DPRA Harus Diumumkan Jangan Hanya Slogan Kosong

“Alhamdulillah kita mendapatkan tambahan Dana Desa di Tahun ini sebesar Rp15,2 miliar, semoga bisa memotivasi Pemerintah Gampong dalam pelaksanaan pembangunan di Gampong,” katanya.

Ia juga berharap seluruh gampong dapat memanfaatkan semaksimal mungkin alokasi dana gampong untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.

Kepala DPMG Aceh Besar Carbaini mengatakan, sejak tahun 2023, Pemerintah Pusat melalui Kementerian Keuangan RI telah mengubah skema pembagian Dana Desa, dari pagu tahunan yang telah ditetapkan, tidak langsung dibagikan keseluruhannya, akan tetapi disisakan sebahagian guna dibagikan di tahun berjalan kepada Gampong-gampong yang dianggap berkinerja baik dan memenuhi kriteria-kriteria yang telah ditentukan.

BACA JUGA :  Sat Resnarkoba Polres Langsa Tangkap Dua Pelaku kurir Sabu, Satu Diantaranya Oknum Polisi Di Polres Aceh Timur

Menurut dia sejak adanya kebijakan pemberian Insentif Desa, Aceh Besar telah menerima sebesar Rp32 miliar dari pemerintah Pusat untuk 130 Gampong yang memenuhi kriteria.

Untuk tahun 2024 berjumlah 115 Gampong yang menerima Pagu Insentif Desa dan masing-masing gampong memperoleh Rp132 juta rupiah.

Pemkab Aceh Besar berharap agar Pemerintah Gampong terus berbenah dan juga semakin meningkatkan kinerjanya guna meraih bonus yang disediakan Pemerintah.

Ia menambahkan dengan adanya Insentif Desa tersebut, maka dapat menambah Pagu Dana Desa yang telah diterima dia awal tahun, sehingga semakin banyak kegiatan-kegiatan yang telah direncanakan di Gampong dapat direalisasikan.(*)

Sumber: Ant