Masuknya Kapal KM Kelud Mengundang Kemacetan, Keberadaan Car Terminal Dipertanyakan

oleh -31.579 views
Masuknya Kapal KM Kelud Mengundang Kemacetan, Keberadaan Car Terminal Dipertanyakan
Car Terminal Pelindo I

Belawan | REALITAS – Masyarakat Belawan khususnya pengguna jalan sangat mengeluh sejak beralihnya tempat sandar kapal KM Kelud pengangkut penumpang dari Pelabuhan Ujung Baru ke Pelabuhan Bandar Deli yang selalu menimbulkan kemacetan di sepanjang Jalan Stasiun Belawan, Kelurahan Belawan I, Kecamatan Medan Belawan, menuju ke Kota Medan pada Selasa, 03 September 2024.

Hal ini berdasarkan hasil pantauan awak media di lapangan dan meminta kepada Pelindo I untuk segera merelokasi areal parkir kendaraan roda 4 (empat) yang berada diluar tepatnya di depan Pelabuhan Bandar Deli karena akan menimbulkan kesan kumuh bagi Kota Belawan.

“Sejak terminal penumpang pindah dari Pelabuhan Ujung Baru ke Pelabuhan Bandar Deli aktivitas masyarakat khususnya pengguna jalan merasa terganggu atas pengalihan KM Kelud dan jarak tempuh dari pelabuhan menuju pintu tol Belmera dapat memakan waktu hingga berjam-jam akibat macet di depan Pelabuhan Terminal Penumpang tersebut”, ucap Togu Silaen (38) warga Sicanang yang selalu beraktivitas di Belawan.

BACA JUGA :  Penolak Ketua DPRK Aceh Singkil Terindikasi Menantang SK DPP Nasdem Pusat

“Kita berharap Pelindo I untuk segera merelokasi areal parkir kendaraan roda 4 agar tidak menimbulkan kemacetan panjang setiap masuk kapal KM Kelud dan tidak mengganggu masyarakat dalam menjalankan aktivitasnya”, lanjut Togu Silaen yang juga seorang aktivis.

Humas PT Pelindo I Cabang Belawan, Sabtia ketika di konfirmasi awak media melalui WhatsApp pribadinya terkait terjadinya kemacetan panjang saat masuknya KM Kelud di Pelabuhan Bandar Deli mengatakan, saat ini terkait dengan arus penumpang keluar masuk tidak ada kendala.

“Saat ini terminal juga sudah membedakan arus penumpang in out dari Terminal Penumpang Bandar Deli. Untuk lingkungan sekitar bagaimanapun kita juga butuh dukungan dari stakeholder terkait lainnya untuk dapat menata kembali terkait kemacetan yang terjadi”, jelas Humas PT Pelindo I Cabang Belawan, Sabtia.

Keberadaan Car Terminal atau Terminal Kendaraan yang berada di dalam areal Pelabuhan Bandar Deli menjadi sorotan karena lokasi tersebut tidak dapat difungsikan sementara saat kapal KM Kelud masuk untuk dapat mengurangi kemacetan di luar pelabuhan.

BACA JUGA :  Pemkot Samarinda Mengadakan Gerak Pungut Sampah

“Car Terminal atau Terminal Kendaraan adalah terminal yang fungsinya untuk melayani bongkar muat kendaraan”, ujar Humas PT Pelindo I Cabang Belawan, Sabtia.

“Car Terminal itu fungsinya untuk apa ?, kalaupun di areal tersebut ada terjadi kontrak politik sesuatu tapi pimpinan Pelindo I harus membuat kebijakan atau menyediakan tempat yang memadai agar dapat mengurangi arus kemacetan jangan menambah daftar hitam Kota Belawan“, tutup Randy (56) warga Jalan Sembilang Kelurahan Belawan Bahagia. (Win)