Kerawanan Pilkada Aceh Selatan Masuk Dalam Kategori Sedang

oleh -8.579 views

Aceh Selatan | REALITAS – Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Aceh Selatan menyebutkan kabupaten itu masuk dalam kategori sedang kerawanan Pilkada 2024.

“Setelah kami lakukan pemetaan kerawanan bersama, Aceh Selatan masuk dalam kategori sedang,” kata Ketua Panwaslih Aceh Selatan Alsyukri Rahman di Aceh Selatan, Jumat 20 September 2024.

Ia menjelaskan pihaknya terus mengawasi jalannya tahapan pilkada, yakni pencalonan dan penetapan calon oleh Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Selatan. kemudian dilanjutkan dengan tahapan kampanye.

BACA JUGA :  Gelombang Pasang Air Laut Di Lhok Pu'uk Seunuddon Aceh Utara, Rugikan Masyarakat Ratusan Juta

“Adapun mekanisme teknis pelaksanaan kampanye akan kita sepakati dalam rapat umum yang dilaksanakan oleh KIP Aceh Selatan nantinya,” kata Alsyukri Rahman.

Tahapan selanjutnya, kata dia, yakni tahapan pungut hitung, hal tersebut sangat krusial mengingat terkait perselisihan hasil, ini menjadi fokus pengawasan bersama.

“Di mana nantinya proses perhitungan surat suara akan dilaksanakan pada 27 November 2024. Serta rekapitulasi suara dilakukan secara berjenjang mulai dari TPS hingga di kabupaten dan ini menjadi titik fokus kita bersama,” katanya.

BACA JUGA :  YARA Somasi PT OSS, Minta Ganti Rugi Dua Triliun

Ia berharap Pilkada serentak 2024 di Aceh Selatan dapat berjalan sesuai dengan aturan yang berlaku. Serta menerapkan asas demokrasi yakni langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil.

“Jika demokrasi ingin diwujudkan pada pelaksanaan pilkada 2024, maka asasnya ditegakkan. Dan pengawasan wajib dilaksanakan sebaik-baiknya,” kata Alsyukri Rahman.(*)

Sumber: Ant