Pj Walikota Langsa Buka Manasik Haji Untuk 162 CJH

oleh -44.579 views
Pj Walikota Langsa Syaridin S.Pd., M.Pd Buka Manasik Haji Untuk 162 CJH

LANGSA | MEDIAREALITAS – Penjabat (Pj) Walikota Langsa, Syaridin S.Pd., M.Pd buka manasik haji bagi 162 calon jamaah haji (CJH) tahun 1445 Hijriah atau 2024 Masehi, di Aula SMK N 3 Kota Langsa, Rabu, 15 Mei 2024.

Turut hadir Unsur Forkopimda Kota Langsa, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Langsa, Ketua MPU Kota Langsa, Perwakilan Dinas Syari’at Islam Kota Langsa, Perwakilan Dinas Kesehatan Kota Langsa, Kabag. Keistimewaan Aceh dan Kesra Setda Kota Langsa, Para Kepala KUA Kota Langsa, Jema’ah Calon Haji Kota Langsa dan tamu undangan lainnya.

Syaridin menyampaikan rasa syukur dan apresiasi atas kolaborasi dan sinergitas pemerintah daerah dengan kementerian agama dalam menyukseskan bimbingan manasik haji tahun 2024. “Selamat menjalankan manasik haji bagi jema’ah calon haji Kota Langsa, dimana hanya tersisa sekitar 20 hari lagi, Bapak/Ibu para Calon Tamu Allah akan diberangkatkan ke Asrama Haji Embarkasi Banda Aceh pada tanggal 05 Juni 2024,” kata Syaridin.

Dikatakan, Calon Jemaah Haji Kota Langsa yang berjumlah 162 orang akan tergabung kedalam KLOTER 09 BTJ ACEH bersama Kabupaten Aceh Tamiang, Bireun, Aceh Utara, dan Aceh Timur.

Berdasarkan Jadwal Penerbangan Kloter 09 BTJ Aceh akan diterbangkan ke tanah suci, pada 07 Juni 2024, Jam 03.35 dari Bandara Sultan Iskandar Muda Blang Bintang Aceh Besar, menuju Bandara King Abdul Aziz Jeddah (Gelombang II).

BACA JUGA :   Kapolres Aceh Timur Pimpin Serah Terima Jabatan Tiga Kasat Dan Empat Kapolsek

Dijelaskannya, Calon Jemaah Haji merupakan manusia-manusia pilihan Allah Swt, yang terpilih untuk dapat menunaikan ibadah haji pada tahun ini.

Dimana betapa masih sangat banyak umat muslim di segenap penjuru dunia, sabar menantikan, sambil tiada henti berharap, dan senantiasa terus berdoa, bermunajat kepada Allah, agar terpilih untuk dapat menunaikan ibadah haji.

Karenanya kesempatan yang penuh keberkahan ini, manfaatkan semaksimal mungkin untuk memperbanyak segala bentuk amalan ibadah, baik wajib maupun sunnah selama berada di tanah suci.

“Bapak/ibu harus fokus dan senantiasa bersemangat untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas ibadah, yang nilai pahalanya berlipat ganda di tanah suci (di Madinah 1000 x, dan di Mekkah 100.000 x lipat),” ujarnya.

Praktekan seluruh ilmu manasik yang telah didapatkan selama di tanah air, baik dari guru bimbingan masing-masing, maupun dari para narasumber selama Manasik Haji tingkat KUA Kecamatan, dan Manasik Haji se-Kota Langsa.

“Para Jemaah Kota Langsa, jangan terpengaruh, dengan berbagai macam rupa bentuk praktek ibadah, yang akan disaksikan di tanah suci nantinya, namun tetaplah senantiasa fokus dan istiqomah, pada kesempurnaan pelaksanaan ibadah kita masing-masing”.

BACA JUGA :   Resah Dengan Judi Online, Wapres Persiraja Minta Pemerintah Dan APH Bertindak Tegas

“Kami berpesan khususnya kepada seluruh Jemaah Kota Langsa, untuk senantiasa kompak, menjaga nama baik daerah, penuh kesabaran, saling bantu membantu, dan senantiasa sehat wal afiat, sejak keberangkatan ke tanah suci, hingga kepulangan kembali nantinya ke tanah air,” pesannya.

“Serta dapat melaksanakan seluruh rangkaian Rukun Haji, dan Rukun Umrah secara kaffah dan paripurna. Yang pada akhirnya Allah berikan Bapak/Ibu semua pahala ibadah haji yang sempurna, yaitu Haji Mabrur,” kata Pj Walikota Langsa.

Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama kota Langsa H. Fadhli, S. Ag dalam laporannya menjelaskan bahwa pelaksanaan bimbingan manasik haji reguler dilaksanakan selama dua hari pada tanggal 15 s/d 16 Mei 2024.

“Tujuan pelaksanaan ini adalah untuk pemantapan bimbingan manasik haji dan umrah. Selanjutnya konsolidasi pemanfaatan kloter haji kota Langsa,” kata Fadhil.

Dia menambahkan materi manasik haji berdasarkan kurikulum atau sidang bimbingan manasik haji yang tercantum dalam keputusan Direktur penyelenggara haji dan umrah nomor 113 tahun 2024 tentang pedoman manasik haji bagi jamaah haji reguler pada kabupaten kota tahun 2024. “Pemateri berdasarkan pembimbing manasik haji yang ditetapkan oleh Dirjend PHU kementerian agama RI,” tutupnya(*).

Sumber: HN