Membunuh Sang Istri, Polisi Tetapkan Tarsum sebagai Tersangka

oleh -41.579 views
Pembunuhan Sang Istri, Polisi Tetapkan Tarsum sebagai Tersangka
Penyidik Satreskrim Polres Ciamis, Jawa Barat, menetapkan Tarsum (41), sebagai tersangka dalam kasus pembunuhan dan mutilasi kepada Yanti (40) sang istri, beberapa waktu lalu.(Foto Detik)

Ciamis | MEDIAREALITAS – Penyidik Satreskrim Polres Ciamis, Jawa Barat, menetapkan Tarsum (41), sebagai tersangka dalam kasus pembunuhan dan mutilasi kepada Yanti (40) sang istri, beberapa waktu lalu.

“Dari saksi-saksi yang sudah kita lakukan pemeriksaan, memang sudah mengarah ke pelaku (Tarsum) semua, sudah ditetapkan sebagai tersangka,” ujar Kasatreskrim Polres Ciamis, AKP Joko Prihatin, Senin 06 Mei 2024.

Menurutnya, kondisi kejiwaan Tarsum jagal Ciamis berangsur pulih. Selama pemeriksaan berlangsung, keterangan yang disampaikan mulai terlihat jelas, meskipun saat ditanya mengenai kejadian itu, tersangka langsung berhenti dan terlihat emosi.

“Begitu menjurus ke pembunuhan mutilasi ia langsung berhenti tidak mau berkata-kata, bahkan reaktif,” kata dia.

Joko menyatakan hingga kini penyidik belum bisa memastikan motif utama dibalik kejadian pembunuhan dan mutilasi sadis itu. “Untuk motif pelaku kita belum bisa memastikan, karena pelaku sendiri keterangannya belum bisa dipastikan,” kata dia.

BACA JUGA :   Tim Satreskrim Polres Aceh Timur Tangkap AR Pelaku Pembunuhan Neneknya

Ihwal dugaan himpitan ekonomi dan besarnya utang yang ditanggung tersangka, Joko membenarkan jika tersangka terlilit utang yang jumlahnya terbilang besar.

“Saksi-saksi yang sudah kita periksa termasuk anak korban sendiri mengatakan bahwa pelaku memiliki utang baik ke perorangan maupun ke bank, kurang lebih di atas Rp 100 juta,” ungkap dia.

Tanggungan utang yang dimiliki tersangka sebagai kepala keluarga ujar Joko, merupakan akumulasi utang pribadi dan utang anggota keluarga lainnya.

“Namanya suami istri keluarga, ya kepala keluarganya yang punya utang, karena usahanya bangkrut kemudian mempunyai utang, mungkin untuk menutupi utang tersebut,” papar dia.

BACA JUGA :   Tim Satreskrim Polres Aceh Timur Tangkap AR Pelaku Pembunuhan Neneknya

Untuk memastikan kejiwaan tersangka, rencannya siang ini sekitarnya jam 13.00 WIB, tersangka akan menjalani pemeriksaan oleh dokter kejiwaan RSUD Ciamis.

”Kita usahakan dokternya mau datang ke Mapolres Ciamis,” kata Joko.

Sebelumnya, aksi sadis warga Dusun Sindangjaya, Desa Cisontrol, Kecamatan Rancah, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, itu membuat jagat dunia maya viral.

Menggunakan sebilah pisau, tersangka dengan sadis menghabisi Yanti (40) sang istri. Tidak hanya membunuh, Tarsum memutilasi bagian tubuh korban menjadi beberapa potong, dan sempat menawarkan potongan daging korban tersebut ke tetangga sekitar.(*)

Sumber: L6