Israel Bantah Terlibat Dalam Ledakan di Irak

oleh -53.579 views
oleh
Israel Bantah Terlibat Dalam Ledakan di Irak
Ilustrasi ledakan. (iStockphoto/wragg)

MEDIAREALITAS – Israel membantah terlibat dalam ledakan pangkalan militer yang digunakan oleh Pasukan Mobilisasi Populer (PMF) Irak di selatan Baghdad pada Jumat (19/4) malam waktu setempat.

“Israel tidak terlibat dalam laporan ledakan di Irak pada Jumat malam,” kata seorang pejabat Israel seperti dikutip CNN, Sabtu (20/4/2024).

Senada, Militer Amerika Serikat (AS) membantah terlibat dalam serangan tersebut. Selain itu, koalisi yang dipimpin AS dalam memerangi para jihadis Negara Islam di Suriah dan Irak (ISIS)menyatakan tidak melakukan serangan apa pun di Irak.

Ledakan di dekat ibu kota Irak, Bagdad, terjadi satu hari setelah serangan terhadap pangkalan militer di Isfahan, Iran.

“Israel bertanggung jawab atas serangan di Iran,” kata seorang pejabat AS kepada CNN.

Anggota Komite Keamanan di Kegubernuran Babel, Muhannad al-Anazi mengatakan setidaknya tiga anggota PMF terluka setelah lima ledakan terjadi di pangkalannya.

Menurut PMF, ledakan tersebut menyebabkan kerugian material dan korban luka.

Ledakan besar mengguncang selatan Baghdad, Irak, pada Jumat (19/4) malam. Ledakan disebut terjadi di lokasi penampungan pasukan militer dan paramiliter pro-Iran.

Dua sumber keamanan mengatakan ledakan itu menghantam pangkalan militer Calso. Itu merupakan tempat kelompok paramiliter pro-Iran Hashed al-Shaabi bermarkas.

Hashed al-Shaabi telah mengonfirmasi serangan tersebut dengan menyatakan serangan itu menimbulkan kerugian material dan korban. Namun, mereka tak menyebutkan berapa jumlah pasti korban.

Hingga kini, belum ada pihak yang mengklaim bertanggung jawab atas serangan ini.

Sumber: Cnn Indonesiag