Jokowi Buka Kongres XXV PWI, Tawarkan HPN 2024 di IKN

oleh -418.579 views
oleh
Jokowi Buka Kongres XXV PWI, Tawarkan HPN 2024 di IKN
Presiden Jokowi didampingi Ketua Umum PWI Pusat Atal S Depari, Sekretaris Kabinet, dan Menkominfo menabuh gong pada pembukaan Kongres XXV PWI di Istana Negara, Senin siang, 25 September 2023. (Foto Antaranews)

Jakarta | MEDIAREALITAS – Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) membuka Kongres XXV PWI Pusat di Istana Negara, Senin siang, 25 September 2023.

Kongres XXV PWI Pusat berlangsung dua hari, 25-26 September 2023 di Bandung, Jawa Barat.

Kecuali pembukaan di Istana Negara, semua agenda kongres lainnya berlangsung di El-Hotel, Bandung.

Acara pembukaan dihadiri Sekretaris Kabinet, Menkominfo Budi Arie Setiadi,
Ketua Dewan Pers Dr. Ninik Rahayu,
Pengurus PWI Pusat bersama Dewan Kehormatan (DK), Ketua dan Sekretaris PWI Provinsi se-Indonesia bersama Ketua DKP, Asosiasi Perusahaan Media, tokoh pers nasional dan daerah, mitra kerja dan praktisi media.

Mengawali laporannya, Ketua Umum PWI Pusat Atal S. Depari menyatakan sangat bangga Pak Presiden Jokowi berkenan membuka Kongres XXV.

“Ini yang kedua kalinya Pak Presiden Jokowi membuka Kongres PWI. Sebelumnya pada 2018, Pak Jokowi membuka Kongres XXIV di Solo. Mau tahu siapa yang jadi ketuanya? Ini,” ujar Atal sambil mengacungkan telunjuk ke arahnya. Tak ayal, tepuk tangan bergemuruh. Presiden Jokowi yang diapit Sekab dan Menkominfo ikut tersenyum.

Tak cukup sampai di situ, Atal masih melanjutkan. “Sekarang, Kongres XXV juga dibuka Pak Jokowi, saya (yakin) terpilih lagi,” lagi-lagi disambut gemuruh tepuk tangan peserta kongres.

Kepada Presiden Jokowi, Atal juga melaporkan perkembangan organisasi PWI yang kini pengurus sudah terbentuk di 38 provinsi dengan jumlah anggota mencapai 30.000 orang.

“Dengan jumlah anggota 30.000 orang, apa nggak menang kalau saya bawa ke pemilu,” ujar Atal mencairkan suasana acara formal tersebut.

Kepengurusan PWI Provinsi, kata Atal, termasuk di Solo.

“Meski Solo adalah Kota, tetapi kepengurusan PWI-nya sejajar dengan provinsi. Ini karena Solo merupakan Kota tempat lahirnya PWI,” kata Ketua Umum PWI Pusat.

Sayangnya, lanjut Atal, meski Solo istimewa tetapi sampai saat ini Solo belum pernah menjadi tuan rumah peringatan Hari Pers Nasional (HPN).

“Karenanya kami berharap Pak Presiden bisa mendukung Solo menjadi tuan rumah HPN 2024. Saya yakin Pak Presiden mendukung. Tolong Ketua Solo sudah bisa mempersiapkan segala sesuatunya,” begitu ‘todong’ Atal memantik lagi gemuruh tepuk tangan.

Saya tawarkan ke IKN

Dalam pidato peresmian pembukaan Kongres XXV PWI, Presiden Jokowi mengapresiasi peran masyarakat pers, termasuk PWI dan wartawannya dalam mendukung berbagai program yang dilaksanakan pemerintah.

Menanggapi harapan Ketua Umum PWI Pusat agar HPN 2024 dilaksanakan di Solo, Jokowi menyampaikan saran mengejutkan.

“Tadi Pak Atal minta dukungan saya agar HPN 2024 dilaksanakan di Solo. Nah, saya menyarankan HPN 2024 dilaksanakan di Ibu Kota Negara (IKN) di Kalimantan. Hotel nanti sudah siap. Tinggal pilih, Solo atau IKN, tetapi jangan bilang-bilang (ke Wali Kota Solo) kalau saya sarankan ke IKN,” kata Kepala Negara tak kalah kocaknya.

Naik kereta cepat

Selain menawarkan HPN 2024 di IKN, Presiden Jokowi juga menawarkan kejutan lainnya kepada peserta Kongres XXV.

“Saudara-saudara kan mau kembali ke Bandung untuk melanjutkan agenda kongres. Kalau tadi dari Bandung ke Jakarta naik bus, sekarang saya tawarkan naik kereta cepat kembali ke Bandung,” kata Jokowi, disambut aplusan panjang.

Jokowi mengatakan, ketika dirinya menguji coba kereta cepat dari Jakarta-Bandung hanya butuh waktu 29 menit.

“Sekarang terserah mau terima tawaran saya atau tidak,” ujar Jokowi, disambut terima secara koor oleh peserta kongres.

Akhirnya, seluruh peserta kongres menjajal kereta cepat dari Stasiun Halim Jakarta Timur-Padalarang-dan berakhir di Tegalluar.

Dari Stasiun Tegalluar kembali ke Bandung menggunakan bus khusus untuk melanjutkan agenda kongres. (*)