Dikritik FAKSI, Seluruh Gaji Pegawai Puskesmas Aceh Timur Langsung Dicairkan Dinkes

oleh -102.579 views
Dikritik FAKSI, Seluruh Gaji Pegawai Puskesmas Aceh Timur Langsung Dicairkan Dinkes
Kordinator Front Anti Kejahatan Sosial (FAKSI) Aceh, Ronny H

Idi | Realitas – Berselang dua hari setelah dikritik Kordinator Front Anti Kejahatan Sosial (FAKSI) Aceh, Ronny H, pihak dinas kesehatan Aceh Timur, langsung mencairkan gaji seluruh pegawai puskesmas di Aceh Timur yang diduga tersendat, terdiri dari tenaga kesehatan seperti bidan, perawat, administrasi, sopir dan lainnya.

Menurut informasi sebelumnya dari pihak pegawai yang tidak ingin disebutkan namanya, mengaku gaji mereka belum juga dibayarkan selama empat bulan sejak awal tahun ini, ujar Ronny kepada Wartawan, Jum’at (5/5/2023).

” Alhamdulillah sudah cair dua bulan, untung ada kami adukan ke ronny, setelah dia desak, maka langsung cair dua hari kemudian,” ungkap sumber anonim dari pihak pegawai yang tidak ingin disebutkan namanya itu, Rabu 3 Mei 2023.

Di konfirmasi secara terpisah, Ronny sangat bersyukur atas hal itu, dan dia berharap besaran gaji seluruh pegawai serta semua buruh swasta di Aceh Timur bisa segera ditingkatkan sesuai standar dan jasa yang diberikan oleh setiap tenaga kerja.

” Syukur sudah cair, tapi kami masih saja sedih mengenang nasib mereka yang hanya bergaji Rp.200 ribu per bulan, kami berharap keuangan daerah lekas sembuh dan mereka bisa mendapatkan upah yang layak, dan ini merupakan prioritas perjuangan kami di hari – hari depan nanti,” tutup Alumni Universitas Ekasakti itu.

BACA JUGA :  IKA Menduga Adanya Proses Pengadaan Proyek Bunker RSUD Zainal Abidin, Terindikasi Praktik Kolusi Dan Nepotisme

Sebelumnya diberitakan media ini, Kordinator Front Anti Kejahatan Sosial (FAKSI) Aceh, Ronny H, mendesak Kepala Dinas Kesehatan Aceh Timur segera membayarkan gaji seluruh pegawai puskesmas di Aceh Timur, yang diduga belum juga dibayarkan selama empat bulan terakhir di tahun 2023.

Ronny mengaku kaget memperoleh kabar miring itu dari salah seorang pegawai di lingkungan dinas kesehatan yang tidak ingin disebutkan namanya.

” Kami mendesak kadis segera mencairkan gaji mereka, padahal kan cuma Rp.200 ribu lagi per bulan, tapi kenapa belum juga dibayarkan, jadi mau makan apa mereka dan keluarganya di rumah,” kata Ronny, Sabtu 29 April 2023.

Padahal menurut Ronny, tenaga kesehatan merupakan front terdepan dalam kepentingan pelayanan masyarakat, yang seharusnya diprioritaskan penggajian serta kesejahteraannya, bukan malah ditelantarkan demikian.

BACA JUGA :  Kapolsek Aktif Berantas Narkoba Dan Implementasi Peradilan Adat

” Mereka juga pahlawan tanpa tanda jasa, apa pun terjadi berkaitan dengan keselamatan kesehatan dan nyawa masyarakat, merekalah front terdepannya, tapi kenapa bisa begitu, gajinya sampai empat bulan belum dibayarkan, ada apa ini,” cetus putera Idi Rayeuk tersebut.

Ketua Forum Pers independent Indonesia (FPII) Provinsi Aceh itu mengingatkan agar Kadinkes bekerja keras memperhatikan dan mengupayakan jaminan kesejahteraan bagi seluruh bawahannya tersebut.

” Kami tidak bisa bayangkan, mereka dituntut bekerja, tapi gajinya belum dibayarkan berbulan – bulan, kadinkes jangan lemah, tolong pikirkanlah nasib bawahannya itu,” ketus Ketua FAKSI Ronny.

Dia mengultimatum Kadinkes Aceh Timur agar segera membayarkan gaji seluruh pegawai puskesmas tersebut paling lambat awal mei mendatang, atau pihaknya akan menggerakkan aksi massa sampai tuntutannya dipenuhi.

” Kami minta awal mei itu sudah diberesin, atau kami akan gelar aksi di depan kantor dinas kesehatan, dan juga mempertanyakan berbagai hal lainnya, nanti kami tidak akan berhenti sampai semua tuntutan dipenuhi,” pungkas alumni Universitas Ekasakti itu menutup keterangannya. (red)