Jubir KPK Beberkan Hasil Penggeledahan di 3 PTN, termasuk USK

oleh -286.579 views
KPK Cekal Empat Orang, Termasuk Wamenkumham Untuk Berpergian Keluar Negeri
Foto: Juru bicara (Jubir) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Ali Fikri

Jakarta | Realitas – Juru bicara (Jubir) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Ali Fikri membeberkan hasil penggeledahan di tiga Perguruan Tinggi Negeri (PTN), termasuk di Universitas Syiah Kuala (USK).

Ali Fikri menjelaskan, update penyidikan perkara dugaan Tindak Pidana Korupsi (TPK) suap terkait penerimaan calon mahasiswa baru tahun 2022 di Universitas Lampung (UNILA), dengan tersangka Karomani (KRM) dan kawan-kawan (dkk), senin, (10/10/2022).

Ia juga menyebutkan, sebagai tindak lanjut pengumpulan alat bukti untuk perkara ini, Tim Penyidik sejak 26 September 2022 sampai dengan 7 Oktober 2022, telah selesai melaksanakan penggeledahan di tiga Perguruan Tinggi Negeri.

Tiga perguruan tinggi dimaksud, yakni: Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Banten, Universitas Riau, Pekanbaru, dan Universitas Syiah Kuala (USK), Banda Aceh.

“adapun tempat penggeledahan di tiga Perguruan Tinggi Negeri tersebut, di antaranya adalah ruang kerja rektor dan beberapa ruangan lainnya”, Ungkap Ali Fikri Jubir KPK.

Sedangkan bukti yang ditemukan dan diamankan, yaitu berbagai dokumen dan bukti elektronik terkait dengan penerimaan mahasiswa baru, termasuk seleksi mahasiswa dengan jalur afirmatif dan kerja sama.

“Bukti-bukti dimaksud akan dianalisis dan disita serta dikonfirmasi lagi pada para saksi maupun tersangka untuk menjadi kelengkapan berkas perkara,” ujar Ali Fikri. (*)