IKLAN YARA

China Laporkan Nol Kasus Covid-19

oleh -45.579 views
China Laporkan Nol Kasus Covid-19
FOTO @afp

REALITAS – China melaporkan nol infeksi Covid-19 baru di Shanghai untuk pertama kalinya sejak Maret pada hari Sabtu, ketika wabah terbaru di negara itu mereda setelah berbulan-bulan penguncian dan pembatasan yang dipicu virus.

China adalah ekonomi utama terakhir yang masih berkomitmen pada strategi nol-Covid, membasmi kasus baru dengan kombinasi penguncian yang ditargetkan, pengujian massal, dan karantina yang panjang.

Pusat ekonomi Shanghai terpaksa dikunci selama berbulan-bulan selama lonjakan Covid musim semi ini didorong oleh varian Omicron yang menyebar cepat, sementara ibu kota Beijing menutup sekolah dan kantor selama berminggu-minggu karena wabah terpisah.

Infeksi menyempit menjadi tetesan dalam beberapa hari terakhir, dengan Shanghai pada hari Sabtu melaporkan nol kasus yang ditularkan secara lokal untuk pertama kalinya sejak dimulainya wabah pada awal Maret.

BACA JUGA :   Komandan Armada Laut Hitam Rusia Mendadak Dipecat

“Tidak ada kasus Covid-19 domestik baru yang dikonfirmasi dan tidak ada infeksi tanpa gejala domestik baru di Shanghai pada 24 Juni 2022,” kata kota itu dalam sebuah pernyataan.

Penguncian pada 25 juta penduduk Shanghai hampir dicabut pada awal Juni, tetapi kota metropolitan itu telah berjuang untuk kembali normal karena lingkungan individu telah menerapkan kembali pembatasan sebagai tanggapan terhadap infeksi baru.

Jutaan orang di kota itu untuk sementara dikunci lagi dua minggu lalu setelah pemerintah memerintahkan kampanye pengujian massal baru.

Di Beijing, pembatasan yang pertama kali diberlakukan pada Mei dilonggarkan karena kasus menurun, tetapi diperketat lagi bulan ini setelah klaster infeksi terkait kehidupan malam muncul.

BACA JUGA :   Vaksin Covid-19 Kini Tidak Lagi Gratis

Setelah berhari-hari pengujian massal dan penguncian lokal, “rantai infeksi Supermarket Surga” – dinamai bar populer yang dikunjungi oleh pasien – telah diblokir secara efektif, kata pihak berwenang Beijing pekan lalu.

Biro pendidikan kota mengatakan pada hari Sabtu bahwa semua siswa sekolah dasar dan menengah dapat kembali ke kelas mereka untuk sekolah langsung pada hari Senin, setelah bar cluster menunda pembukaan kembali sekolah.

Semua staf sekolah, siswa, dan orang tua harus melakukan tes PCR Covid-19 sebelum kembali ke sekolah, dan diimbau untuk “membatasi keluar dan menghindari pertemuan,” kata biro pendidikan dalam unggahan resmi media sosial.

BACA JUGA :   Komandan Armada Laut Hitam Rusia Mendadak Dipecat

Beijing melaporkan dua infeksi lokal baru pada hari Sabtu.

China menegaskan kebijakan nol-Covid diperlukan untuk mencegah bencana perawatan kesehatan, dengan para pejabat menunjuk pada sumber daya medis yang tidak merata dan tingkat vaksinasi yang rendah di antara orang tua sebagai perhatian utama.

Tetapi strategi tersebut telah memukul ekonomi terbesar kedua di dunia dan penegakan hukum yang berat juga memicu protes yang jarang terjadi, sementara isolasi ekstrim dari bisnis asing dan keluarga kelas menengah telah mendorong mereka untuk membuat rencana keluar. (*)

Sumber: afp