IKLAN YARA

Jokowi : TNI Dan Polri Aktif Dipastikan Tidak Duduki Pj Gubernur

oleh -79.579 views
Jokowi : TNI Dan Polri Aktif Dipastikan Tidak Duduki Pj Gubernur
Presiden RI Joko Widodo
Editor: Rapian

JAKARTA | REALITAS – Presiden Jokowi memastikan anggota Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Polri yang masih aktif tidak akan ditempatkan sebagai penjabat (Pj) Gubernur maupun Bupati atau Walikota menyusul berakhirnya masa jabatannya.

“Pejabat TNI-Polri aktif tidak mungkin menjadi penjabat kepala daerah tingkat I, UU-nya tidak memungkinkan,” kata Presiden Jokowi saat bertemu dengan beberapa pemimpin redaksi media massa nasional di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (19/01/2022).

BACA JUGA :   Terdakwa Mendadak Gunakan Atribut Keagamaan Waktu Sidang Dilarang

Namun perwira Tentara Nasional Indonesia (TNI) atau Polri yang diperbantukan di lembaga di luar TNI/Polri masih mungkin menjadi penjabat di provinsi.

Misalnya, kata Jokowi mencontohkan, seorang perwira Polri yang sedang diperbantukan di Lemhannas memungkinkan untuk menjadi penjabat gubernur.

BACA JUGA :   Terdakwa Mendadak Gunakan Atribut Keagamaan Waktu Sidang Dilarang

Pada 2022 saja, akan ada 101 kepala daerah yang mengakhiri masa jabatannya, termasuk 7 provinsi, yang salah satunya DKI. Sementara di 2023, akan ada 170 kepala daerah yang berakhir masa jabatannya, termasuk 17 provinsi.

BACA JUGA :   Sepuluh Kardus Alat Medis Dikirim Untuk Warga Yahukimo

Jokowi yakin SDM yang dimiliki pemerintah cukup untuk mengisi posisi-posisi kosong yang ditinggal para kepala daerah.

Seperti diketahui ada 271 daerah yang pilkadanya diundur ke 2024. Sebanyak 271 daerah tersebut akan dipimpin oleh penjabat kepala daerah.

Sumber : detik.com