IKLAN YARA

Kapolda DIY Hadiri Hut Korpolairut Ke 71

oleh -25.489 views
Kapolda DIY Hadiri Hut Korpolairut Ke 71

Bogor I Realitas – Kapolda DIY Irjen Pol. Drs. Asep Suhendar, M.Si., dan Irwasda Polda DIY Kombes Pol. Agus Rohmat, S.I.K., M.Hum., beserta beberapa pejabat utama Polda DIY menghadiri syukuran hari ulang tahun Korps Kepolisian Perairan dan Udara (Korpolairud) ke 71, yang digelar di Mako Direktorat Polairud Polda DIY, Pantai Depok, Bantul, Rabu 1 Desember 2021.

Rangkaian kegiatan HUT Polairud diawali dengan pelaksanaan upacara virtual melalui zoom meeting yang dipimpin oleh Kepala Kepolisian Republik Indonesia Jenderal Pol. Drs Listyo Sigit Prabowo, M.Si., serta dipusatkan dari Mako Korpolairud Baharkam Mabes Polri.

Seusai pelaksanaan upacara virtual, kemudian dilanjutkan dengan syukuran yang digelar di masing-masing Polda.

Kepala Korpolairud Baharkam Polri Irjen Pol. Drs. Verdianto I. Bitticaca, M.Hum., dalam sambutannya yang dibacakan oleh Kapolda DIY mengatakan bahwa kegiatan dalam rangka menyambut hari ulang tahun ke-71 Korpolairud antara lain berupa kegiatan sosial bersih-bersih pantai dan sungai secara serentak oleh jajaran Polairud di seluruh Indonesia.

BACA JUGA :   Rohmat Selamat Apresiasi Ade Yasin Sukses Buat Kabupaten Bogor Maju

Vaksinasi Covid 19 secara serentak yang dilaksanakan di Korpolairud Baharkam Polri dan Dit Polairud Polda.

“Selain itu, kita juga melaksanakan anjangsana kepada sesepuh dan anggota Korpolairud yang sakit baik di rumah sakit maupun di rumah.

Kita juga melaksanakan kegiatan donor darah secara serentak. (Selain itu) Ziarah tabur bunga di laut serta acara Puncak perayaan upacara dan syukuran disertai dengan acara peresmian helikopter Agusta Westland (AW) type AW 189 dan tipe AW 169 Sebagai tambahan kekuatan alat utama terbaru di jajaran korpolairud Baharkam Polri,”ujarnya.

Dirinya bersyukur bahwa semenjak berdiri pada tahun 1950, Polairud telah mengalami perkembangan kapasitas organisasi serta keberhasilan dalam tugas operasional dan quick respon dalam kegiatan SAR, tanggap bencana alam, serta bantuan kepada masyarakat.

“Pada awal berdirinya Polairud, alat utama yang dimiliki hanya ada 11 unit kapal dan pesawat sebanyak 8 unit.

Sejalan perkembangan waktu dengan adanya dukungan dari para sesepuh senior dan pimpinan Polri, saat ini jajaran Polairud memiliki alat utama kapal sebanyak 620 unit kapal dan 69 unit pesawat udara dengan rincian 20 fixed Wing dan 57 rotary Wing.

BACA JUGA :   PWRI DPC Bogor Raya Adakan Pelatihan Jurnalistik Profesional

Untuk itu semua, kami mengucapkan banyak terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada pimpinan Polri dan sesepuh Polairud,” katanya menambahkan.

Menurutnya, Indonesia dengan 2/3 luas wilayahnya adalah perairan maka akan memiliki potensi ancaman gangguan keamanan di laut yang cukup tinggi.

“Oleh sebab itu kedepannya jajaran Polairud sebagai instansi penegak hukum dan bagian integral Polri harus dapat melaksanakan tugasnya secara profesional melalui pendekatan tugas yang prediktif, responsif terhadap pelayanan masyarakat perairan, bantuan Sar dan tanggap bencana alam serta transparansi dan berkeadilan,” harapnya.

Dalam syukuran Hut Polairud ke-71 tersebut, di Polda DIY diwakili oleh wakil ketua Bhayangkari Ny. Santi Slamet memberikan penghargaan kepada putra-putri anggota Ditpolairud Polda DIY yang berprestasi di antaranya :

BACA JUGA :   Rohmat Selamat Apresiasi Ade Yasin Sukses Buat Kabupaten Bogor Maju

1. Adinda Amanda Alvita Kusumarida Putri dari Bripka Agus Nugroho, S.H., Adapun prestasi yang diraih yaitu juara 1 lomba sepatu roda kelas standar 1000 meter tingkat pelajar sekolah dasar tahun 2021.

2. Adinda Faiza Nasywa Alya, putri dari Penda I Niken Dewi, S.E., yang berprestasi juara 1 Kejurda di tahun 2002 satu cabang Taekwondo kelas 40 Kg.

3. Adinda Carolina Melody Pertiwi putri dari penata I Dian Ratnaningsih. Adapun prestasi yang diraih yaitu juara 1 berbakat Kartini Kartono fashion show tahun 2021, Sahabat Pena cilik untuk mengurangi kecanduan anak bermain gadget.

Selain itu jajaran Dit Polairud Polda DIY menerima penghargaan dari BKSDA yang telah berjasa atas penegakan hukum terhadap kepemilikan satwa ilegal yang dilindungi.

Dalam kesempatan tersebut Kapolda DIY juga memberikan bantuan berupa papan selancar kepada anggota Polairud Polda DIY untuk mendukung kegiatan pengamanan bantuan SAR kepada wisatawan atau masyarakat yang berkunjung di kawasan pantai. (Deddy karim)