IKLAN YARA

Dikbud Lampung Timur Gelar Pelatihan ANBK dan AKM Untuk Jenjang SD

oleh -52.489 views
Dikbud Lampung Timur Gelar Pelatihan ANBK dan AKM Untuk Jenjang SD
Dikbud Lampung Timur Gelar Pelatihan ANBK dan AKM Untuk Jenjang SD
UPDATE CORONA

Lampung Timur I Realitas – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) kabupaten Lampung Timur menggelar Pelaksanaan Pelatihan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK), dengan menggunakan Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), yang diikuti 569 Sekolah dasar (SD) dengan jumlah peserta 12.381 siswa, kegiatan pelaksanaannya terbagi dua tahap.

Kepala dinas Pendidikan dan kebudayaan Lampung Timur Marsan mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk melakukan pemetaan mutu sistem pendidikan pada tingkat satuan pendidikan dasar untuk menghasilkan informasi mengenai perbaikan kualitas belajar mengajar di sekolah.

“Kita melakukan¬† Evaluasi survei karakter dan survei lingkungan belajar untuk meningkatkan hasil belajar murid, di dalam pelaksana pada jenjang dasar di satuan pendidikan”, kata Marsan, Kamis (18/11) saat ditemui diruang kerjanya.

BACA JUGA :   Peringatan Dini BMKG Sabtu 27 November 2021: Waspada Aceh Alami Hujan Disertai Angin Kencang

Lebih lanjut Marsan menjelaskan bahwa kegiatan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) dilaksanakan dari tanggal 15 – 18 November 2021 untuk tahap 1 gelombang I dan II, dan ditanggal 22 – 25 November 2021 untuk tahap 2 gelombang III dan IV.

BACA JUGA :   MTQ Ke-XXXVIII Agara Kembali Di Gelar

“Pesertanya untuk jenjang sekolah dasar sebanyak 30 siswa kelas 5 di setiap satuan pendidikan dipilih secara acak melalui sistim aplikasi Dapodik”, Pungkas Marsan.

Asesmen Nasional adalah program penilaian terhadap mutu setiap sekolah, madrasah, dan program kesetaraan pada jenjang dasar dan menengah.

BACA JUGA :   Sopir Taksi Online Penculik Wanita di Medan Ditangkap

Mutu satuan pendidikan dinilai berdasarkan hasil belajar murid yang mendasar (literasi, numerasi, dan karakter) serta kualitas proses belajar-mengajar dan iklim satuan pendidikan yang mendukung pembelajaran. Informasi-informasi tersebut diperoleh dari tiga instrumen utama, yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survei Karakter, dan Survei Lingkungan Belajar. (Wanda)