IKLAN YARA

Tingkatkan Toleransi Umat Beragama, FKUB Pekanbaru Gelar Diskusi Bersama

oleh -49.489 views
Tingkatkan Toleransi Umat Beragama, FKUB Pekanbaru Gelar Diskusi Bersama
UPDATE CORONA

Pekanbaru I Realitas – Tingkatkan Toleransi Umat Beragama, Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Pekanbaru Gelar Diskusi Bersama.

Dalam hal penanganan penyebaran wabah Covid-19 kota Pekanbaru saat ini berada dalam level II, tentunya upaya ini memang sangat diharapkan oleh semua masyarakat.

Agar langkah tersebut tetap terjaga, pemerintah kota Pekanbaru selalu menghimbau kepada masyarakat untuk selalu tetap menjaga kebersihan serta membentengi diri dengan melakukan pencegahan melalui pemberian vaksinasi.

Tidak terlepas juga dengan upaya pemahaman terkait adaptasi kebiasaan hidup baru, dengan cara mengelar beberapa kegiatan sosialisasi maupun pertemuan-pertemuan yang bersifat kearah edukasi.

Hal ini yang dilakukan oleh Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) kota Pekanbaru dengan mengadakan kegiatan Fokus Group Discussion (FGD) yang bertemakan yakni Peningkatan Toleransi Dan Kerukunan Di Masa Pandemi Covid-19 pada Senin (25/10/2021).

BACA JUGA :   Habib Rizieq Mendadak Sampaikan Ini

Bertempat di Gedung Mubaliq Center (GMC) IKMI Riau Jalan Todak Gang Udang Putih No 1, yang dihadiri dari Staf Ahli Politik Hukum dan Pemerintahan Ir. Ardhani, Kepala Kesbangpol Kota Pekanbaru Zulfahmi Adrian, Ketua FKUB Kota Pekanbaru Dr. H. Ismardi Ilyas, MA, yang didampingi oleh Sekretaris FKUB Drs. H. Dahlan Jamil, MA, Dan seluruh Tokoh Umat Beragama Se Kota Pekanbaru.

Dalam penyampaian Walikota Pekanbaru yang diwakili oleh Staf Ahli Politik Hukum dan Pemerintahan Ir. Ardhani mengatakan bahwa kegiatan ini sangat penting sekali dilaksanakan, mengingat kota Pekanbaru merupakan kota besar dengan masyarakat yang heterogen.

“Kita sangat bersyukur sekali bahwa kerukunan umat beragama di kota Pekanbaru dari sebelumnya sudah sangat baik.

BACA JUGA :   Ditinggal Salat, Mobil BMW di Banyumas Ludes Terbakar

Dengan selalu melakukan pertemuan ini, saya yakin sekali kekompakan umat beragama akan tetap terjaga dan sulit untuk dipecahbelah,” ujar Ardhani.

Ia juga berharap untuk kedepannya kota Pekanbaru baru yang smart city madani dapat terwujud dengan sempurna, dikarenakan kebersamaan antar umat beragama yang telah terbina dan terjalin dengan baik.

“Pekanbaru Madani memiliki makna sangat besar, artinya masyarakat yang sehat jasmani dan juga rohaninya. Dan tentunya kita juga berharap masyarakat kota Pekanbaru dapat hidup rukun dengan sikap saling harga menghargai antar sesama, sehingga ketentraman dan kenyamanan dapat terus terjaga,” tutup Ardhani.

Sementara itu, Ketua FKUB Kota Pekanbaru Dr. H. Ismardi Ilyas, MA menjelaskan bahwa kegiatan ini
merupakan salah satu cara untuk upaya merajut kerukunan antar umat beragama melalui diskusi terbuka.

BACA JUGA :   Penumpang di Banjarbaru Order 2 Driver Ojol Untuk Bonceng Teman

“Yang mana tujuan kegiatan ini yaitu agar terbuka kran komunikasi.

Seperti contoh adanya permasalahan yang belum terpecahkan, maka melalui diskusi ini akan kita komunikasikan kembali dengan baik. Sehingga tidak ada kecurigaan antara satu dengan lainnya,” ujar Ismardi Ilyas.

Sudah puluhan tahun lamanya, menurut Ismardi bahwa terkait tentang kerukunan umat beragama di kota Pekanbaru sudah sangat terjaga sesuai dengan harapan dari pemerintah serta keinginan dari seluruh masyarakat.

“Alhamdulillah komunikasi mereka (umat beragama, red) sampai saat ini adem ayem. Dan ini akan kita terus perkuat melalui kegiatan-kegiatan pertemuan dan silaturahmi,” tutup Ketua FKUB Pekanbaru. *(mirza)