IKLAN YARA

Komentar Penyanyi Agnez Mo Tentang Bela Negara

oleh -38.489 views
Penyanyi Agnez Mo
UPDATE CORONA

Jakarta I Realitas – Musisi Agnes Monica atau Agnez Mo berpandangan, bentuk bela negara di era saat ini bukan sekadar menunjukkan atribut-atribut negara melainkan dengan menghasilkan karya.

“Bela negara zaman dulu sama bela negara jaman sekarang kan beda. Kita kalau zaman dulu dengan benderanya, dengan bajunya, dengan yang lebih terlihat, atribut. Kalau saya pikir sekarang itu adalah karya,” kata Agnez dalam acara “Ngopi Daring Bela Negara” yang disiarkan akun YouTube Kemhan RI, Jumat (3/9/2021).

Agnez yang kini berkarir di Amerika Serikat itu menurutkan, ia kini dapat mengenalkan budaya Indonesia ke publik yang lebih luas dengan membawa karya-karya musiknya.

BACA JUGA :   Biddokkes Jateng Bersama Unimus Semarang Gelar Vaksinasi Merdeka

Ia mencontohkan, ketika karyanya masuk dalam radio chart di Amerika Serikat, orang-orang langsung tahu bahwa ia tidak berasal dari Negeri Paman Sam (AS), tetapi Indonesia.

“Itu yang dia tanyain adalah, i know you’re not from here, gue tahu lo enggak dari sini, lo dari Indonesia kan?” ujar Agnez.

“Di situ saya cerita, Indonesia tuh gini gini gini, kita tuh ada berapa puluh ribu islands, makanya kenapa kita tuh diverse banget, kita kaya sekali sama budaya,” tutur dia.

Ia mengatakan, hal itu akhirnya membuat orang-orang mencoba mencari tahu Indonesia lebih jauh.

“Itu yang menurut saya, saya enggak perlu bawa atributnya saja, orang sudah melihat muka saya, orang sudah tahu kalau saya orang Indonesia,” kata Agnez.

Kendati demikian, Agnez mengakui dirinya terus berusaha mengenalkan budaya-budaya Indonesia dalam setiap karya-karyanya.

Ia mencontohkan, pada sebuah pertunjukan di televisi, ia menghadirkan tarian saman dan ikut menari.

Ketika sudah berkarier di luar negeri, Agnez juga mengaku selalu mengenalkan diri bahwa ia berasal dari Indonesia.

“Setiap kali saya wawancara, saya harus enggak ngomong saya dari Indonesia? Tidak, tidak harus, tapi saya selalu ngomong, itu artinya i chose to say that i’m from Indonesia,” kata dia.

BACA JUGA :   Rizky Billar dan Lesti Kejora Blak-Blakan Akui Sudah Nikah Siri di Awal Tahun

Menimpali cerita Agnez, Direktur Jenderal Potensi Pertahanan Kementerian Pertahanan Mayjen Dadang Hendra Yudha mengatakan, membela negara dapat dilakukan dengan menghasilkan karya.

“Bela negara itu banyak karya, bukan banyak gaya. Kemudian yang berikutnya kita sebagai warga negara jangan kebalik-balik, jangan tanya apa yang diberikan negara kepada saya, jangan, tapi apa yang sudah kita berikan kepada negara, harusnya seperti itu,” ujar Dadang. (*)

Source