IKLAN YARA

Dua Anggota KKB yang Serang TNI Hingga Tewas Diamankan

oleh -53.489 views
Dua Anggota KKB yang Serang TNI Hingga Tewas Diamankan
UPDATE CORONA

Papua I Realitas – Panglima Kodam XVIII/Kasuari, Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa geram dengan aksi penyerangan yang dilakukan teroris Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) yang menewaskan empat prajurit TNI.

Pascapenyerangan Pos Rayon Militer (Posramil) Kisor, Kampung Kisor, Distrik Aifat Selatan, Kabupaten Maybrat, Cantiasa mengaku sudah menangkap dua orang pelaku. 

“Memang masih ada pengejaran, namun saat ini kita sudah dapatkan dua orang pelaku yang terlibat di sana,” kata Cantiasa, kepada sejumlah awak media, Jumat (3/9/2021).

Dia mengatakan, kedua orang ini masih dalam pemeriksaan.

“Mereka sudah mengaku, tadinya hanya lempar batu, namun ternyata ikut menyerang,” ujarnya.

BACA JUGA :   Mengaku Sebagai Polisi, Tiga Pelaku Pemeras Warga Diringkus Petugas

Dari dua orang ini, kata Cantiasa, pihaknya akan melakukan pengembangan lebih lanjut.

“Saya selaku Panglima Kodam XVIII/Kasuari, langsung perintahkan Komandan Komando Resort Militer (Korem) 181 Praja Vira Tama, untuk melakukan pengejaran terhadap pelaku,” ungkapnya.

“Kalau dia berani bermain, maka kita harus hancurkan,” tegas Cantiasa.

Selain itu, pihaknya telah melakukan koordinasi dengan Bupati Maybrat dan Kapolda Papua Barat.

Sementara situasi di Maybrat, hingga kini sudah mulai aman.

“Saya sampaikan kepada seluruh masyarakat Papua Barat, agar tetap tenang. Sebagai Panglima Kodam XVIII/Kasuari, akan menjamin keamanan wilayah,” imbuhnya.

BACA JUGA :   KPK Dalami Dugaan Pertemuan Urus Kuota Rokok dan Minuman Beralkohol di Bintan

Keempat korban tewas diketahui bernama Serda Amrosius, Praka Dirham, Pratu Zul Ansari dan Juliano dan Lettu Chb dirman (Danposramil).

Adapun dua personel lainnya mengalami luka berat, yaitu Sertu Juliano dan Pratu Ikbal. 

Setibanya di Komando Resort Militer (Korem) 181/Praja Vira Tama, jenazah keempat prajurit TNI ini rencananya akan dikirim kembali ke kampung halaman masing-masing, pada Jumat (3/9/2021), siang.

Hal tersebut disampaikan Kepala Penerangan Korem 181/PVT, Mayor Inf Puguh Prandono.

“Keempat jenasah akan dikirimkan sekitar pukul 13.45 WIT sesuai dengan alamat kampungnya masing-masing,”kata Puguh kepada sejumlah awak media,Kamis (2/9/2021) malam.

BACA JUGA :   11 Pembunuh Lima Ekor Gajah di Aceh Jaya Berhasil Ditangkap Polisi

Ia mengatakan, berdasarkan data para prajurit yakni jenazah almarhum Lettu CHB Dirman akan dikirimkan ke Bima, Nusa Tenggara Timur.

Selanjutnya, Jenazah almarhum Praka Muhammad Dhirhamsyah akan dikirim ke Pangkep, Sulawesi Selatan. Jenazah Alm Pratu Sul Ansyari Anwar ke Sulawesi Selatan.

Sementara, jenazah almarhum Serda Ambrosius Apri Yudiman, dikirimkan ke Kalimantan Barat.

“Rencana besok diawali dengan upacara militer di Korem 181/Praja Vira Tama, setelah itu bergeser ke Bandara DEO Sorong, dan selanjutnya dikirim ke kampung halaman,”tambah dia.(*)

Sumber : trbn