IKLAN YARA

Amukan Kawanan Gajah Robohkan Rumah Petani di Aceh Timur

oleh -53.489 views
Amukan Kawanan Gajah Robohkan Rumah Petani di Aceh Timur
Amukan Kawanan Gajah Robohkan Rumah Petani di Aceh Timur
UPDATE CORONA

Aceh Timur I Realitas – Rumah petani di Gampong Bunin, Kabupaten Aceh Timur, Provinsi Aceh, hancur runtuh setelah diamuk kawanan gajah Sumatera. Penghuni rumah bersama keluarga kini mengungsi di rumah tetangga.

“Rumah tersebut milik petani. Kondisinya rusak berat setelah beberapa ekor gajah liar menyerang,” kata Camat Serbajadi, Taufik Hidayat saat dimintai keterangannya di Kabupaten Aceh Timur, Jumat (3/9/2021) kemarin.

BACA JUGA :   Tanfidzyah NU Batu Bara Apresiasi Polisi Dalam Pemberantasan Begal

Menurut Taufik Hidayat, kerusakan rumah petani tersebut menyebabkan satu keluarga penghuni rumah harus terpaksa mengungsi ke rumah tetangga. Insiden ini sudah dilaporkan ke pemerintah daerah Aceh untuk direspon lebih lanjut.

Taufik Hidayat mengaku bahwa ia kerap menerima banyak laporan menyangkut konflik gajah dengan manusia di Kecamatan Serbajadi seperti di Gampong Bunin. Hewan liar ini diketahui sering kali menganggu manusia dan aktifitasnya.

BACA JUGA :   Berantas Judi Online, Forkopimda dan Ulama Apresiasi Kapolda Aceh

Gajah-gajah ini dilaporkan kerap merusak lahan pertanian warga, bahkan beberapa pondok di kebun warga juga ikut menjadi sasaran satwa. Sekarang laporan terbaru yakni rumah warga.

“Kami berharap keberadaan Conservation Response Unit atau CRU Serbajadi, dapat mengurangi masalah ini. Sebab tujuan dibangun CRU untuk mencegah terjadinya konflik gajah dengan manusia,” harap Taufik.

BACA JUGA :   Sidang Bank Konvensional, Kausar: Qanun LKS Bukan Menutup Bank Konvensional

Seperti yang diketahui, gajah sumatra merupakan satwa liar dilindungi. Berdasarkan data organisasi konservasi alam dunia, IUCN, gajah Sumatera hanya ditemukan di Pulau Sumatra. Satwa tersebut masuk spesies terancam kritis dan berisiko tinggi punah. (*)

Source