IKLAN YARA

Pemerintah Umumkan Nasib PPKM Hari Ini

oleh -53.489 views
UPDATE CORONA

Jakarta I Realitas – Pemerintah akan mengumumkan PPKM hari ini. Apakah PPKM level 2-4 di Jawa dan Bali ini akan diperpanjang?

PPKM level 2-4 di Jawa dan Bali berlaku hingga hari ini, Senin (16/8/2021). Evaluasi PPKM di Jawa dan Bali ini dilakukan setiap minggu.

Pekan lalu, pekan lalu Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Pandjaitan mengumumkan PPKM level 2-4 diperpanjang hingga 16 Agustus.

“Atas arahan Presiden RI, PPKM 4, 3, 2, akan diperpanjang hingga 16 Agustus 2021,” kata Luhut dalam siaran langsung di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Senin (9/8/2021).

BACA JUGA :   Pemkab Atim Tandatangani MOU-MOA Dengan Poltekkes Kemenkes Aceh

Luhut mengatakan perpanjangan masa PPKM ini dilakukan untuk menjaga momentum yang baik.

Dia mengatakan penerapan PPKM level 2-4 sebelumnya sudah berjalan baik.

“Penerapan perpanjangan PPKM level 4, 3, dan 2 yang diterapkan sejak 2 Agustus-9 Agustus di Jawa-Bali menunjukkan hasil cukup menggembirakan,” katanya.

“Dari data yang didapat, penurunan terjadi hingga 59,6% dari puncak kasus di 15 Juli 2021 yang lalu,” ucap dia.

Lalu bagaimana efek terhadap pemberlakuan PPKM yang diperpanjang itu? Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebelumnya menjelaskan bed occupancy rate selama PPKM ini berlangsung.

BACA JUGA :   Tinjau Vaksinasi Massal Akabri 96, Sigit: Terus Bekerja Tanggulangi Covid

“Alhamdulillah BOR di Jakarta sudah berada di kisaran 29,4 persen, di Jawa Barat 32 persen, di Jawa Tengah 38,3 persen, di Jawa Timur 52,3 persen,” kata Jokowi dalam siaran YouTube Sekretariat Presiden, Minggu (15/8).

“Di Banten 33,4 persen, di DIY 54,7 persen juga BOR di Wisma Atlet yang juga sudah turun di angka 19,64 persen,” tutur dia.

Lebih lanjut, Jokowi juga memaparkan BOR rumah sakit secara nasional. Jokowi menyebut BOR nasional ada pada angka 48 persen.

BACA JUGA :   KSJ dan YRKI MoU Peningkatan SDM dan Tata Kelola Organisasi

“Dan secara nasional BOR nasional kita berada pada angka 48,14 persen,” katanya.

Kondisi DKI Jakarta

Sementara itu, kasus Corona di DKI Jakarta juga menurun. Jakarta disebut telah keluar dari zona merah.

“Alhamdulillah kita sudah keluar dari zona merah ya, bahkan RT yang merah hanya ada tujuh,” kata Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta Ahmad Riza Patria di Balai Kota DKI Jakarta, Jumat (13/8). (*)

Sumber: Dtc